Caleg Jagoan PDIP Diprediksi Berjaya di Dapil Neraka Jakarta

Ilustrasi Petugas KPPS melakukan penghitungan suara pada Pemilu serentak 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yusran Uccang

VIVA – Peta persaingan Pileg 2019 dari daerah pemilihan atau dapil Jakarta III mulai memunculkan sejumlah calon anggota legislatif DPR RI yang lolos ke Senayan. Sejumlah nama politikus beken bersaing di dapil yang dianggap 'neraka'.

Dari hasil rekapitulasi kecamatan dapil DKI III, caleg jagoan PDIP masih berjaya. Dapil yang mencakup Jakarta Barat dan Jakarta Utara ini diprediksi masih memunculkan nama caleg petahana dari seperti Darmadi Durianto, Charles Honoris, dan Effendi Simbolon.

Darmadi yang saat ini Anggota DPR Komisi VI DPR kemungkinan besar akan memperpanjang masa pengabdiannya sebagai wakil rakyat periode 2019-2024. Dari data perolehan, Darmadi meraih suara sebanyak 105.238 dengan sebaran suara di Jakarta Barat sebanyak 57.818 dan Jakarta Utara sebanyak 47.420 suara.

Dengan perolehan suara itu, Darmadi hanya disusul Charles Honoris dan Effendi Simbolon dari PDIP.
Dari data hasil rekapitulasi suara tingkat provinsi, PDIP mengantongi suara sebanyak 669.524 dengan sebaran suara di Jakarta Barat sebanyak 405.862 dan Jakarta Utara dengan 263.662 suara.

Perolehan suara tersebut membuat PDIP berjaya dengan diprediksi menempatkan tiga wakilnya dari dapil Jakarta III ke Senayan. Hal ini berbeda dengan partai politik lain yang diprediksi hanya satu caleg.

Partai yang diprediksi meloloskan caleg antara lain PKS dengan eks Wakapolri Adang Darajatun (115.049 suara), Nasdem dengan Ahmad Sahroni (73.938 suara). Baik Adang dan Sahroni merupakan caleg petahana. Kemudian, caleg pendatang baru dengan nama kondang yaitu Abraham Lunggana dari PAN (93.560 suara).

Selain itu, ada Kamrussaman dari Gerindra (83,562 suara). Perolehan Kamrussaman berhasil menyisihkan caleg petahana yang juga ponakan Prabowo, Rahayu Saraswati.

Lalu, dari Demokrat ada Santoso dengan 34.449 suara. Santoso ini menyisihkan caleg petahana Krisna Murti yang saat ini maju dari bendera Demokrat. (ren)