Artis Lawas Maya Rumantir Kembali Melenggang ke Senayan

Artis lawas Maya Rumantir
Sumber :
  • VIVA / Agustinus Hari (Manado)

VIVA – Meyakini tak punya pilihan. Ari Tatinting (60) akhirnya menjatuhkan coblosannya ke Maya Rumantir. “Saat buka kertas suara. Terlihat wajah cantik Maya Rumantir yang punya senyum yang khas. Pilihan saya langsung diberikan kepadanya,” kata Oma tiga orang cucu ini, Selasa 14 Mei 2019. 

Dan benar saja, artis lawas nan cantik yang sebelumnya sempat masuk daftar Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) utusan Sulawesi Utara periode lalu itu, akhirnya meraih suara signifikan untuk mengantarnya kembali ke Senayan. 

Maya kembali terpilih dan nangkring di posisi kedua dari empat orang calon anggota DPD RI utusan Sulut. Dalam pleno akhir KPU Sulut, Maya Rumantir memperoleh 164.176 suara. Dia berada di bawah mantan jurnalis salah satu TV nasional, Cherish Hariete 180.224 suara.

Kemudian posisi ketiga, Djafar Alkatiri 147.210 suara, sedangkan satu-satunya incumbent DPD RI, Stefanus BAN Liow meraih 125.099 suara plus sebagai peraih kursi terakhir melengkapi empat orang utusan Sulut ke DPD RI. 

“Saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Sulut yang mempercayakan saya kembali duduk di DPD RI,” ujar Maya. 

Mantan penyanyi papan atas Indonesia itu sejak awal sangat yakin bisa terpilih sebagai Senator lagi. “Saya selalu berdoa biar masyarakat Sulut diberikan perlindungan dan kedamaian. Saya yakin warga Sulut memilih orang-orang yang takut Tuhan,” katanya. 

Ditanya tugas awal ketika dilantik nanti, Maya belum mau berbicara banyak. “Nantilah kalau sudah dilantik saya akan beber keinginan saya ke depan untuk Sulut yang lebih baik,” ujar Maya. 

Maya Rumantir pada periode 2014-2019 sempat terpilih sebagai anggota DPD RI sebagai peraih suara terbanyak. Namun, hanya setahun menjalankan tugas dan amanat rakyat Sulut, tiba-tiba dia mencalonkan diri pada Pemilihan Gubernur Sulut bersama Aryanti Baramuli, calon wali kota Bitung. 

Maya dan Aryanti pun diganti Marhany Pua dan Stefanus BAN Liow mengisi kursi DPD RI yang ditinggalkan mereka. Maya dan Stefanus kembali mencalonkan diri dan terpilih.

Sementara itu, Aryanti tidak ikut pencalonan. Marhany ikut nyalon ke DPR RI dari Partai Golkar yang harus puas berada di posisi ketiga. Senator Sulut lainnya Benny Rhamdani (caleg DPR RI dari Hanura) juga gagal, sedangkan Fabian Sarundayang tidak ikut mencalonkan diri. 

Praktis utusan DPD RI asal Sulut, memiliki dua muka baru: Cherish Hariete dan Djafar Alkatiri.