BPN Sebut Prabowo ke Brunei Cuma Silaturahmi dengan Sultan Bolkiah

Koordinator Juru Bicara BPN, Dahnil Anzhar Simanjuntak
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

VIVA – Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga akhirnya mengonfirmasi bahwa Prabowo memang pergi ke luar negeri, yakni Brunei Darussalam, pada Kamis, 16 Mei 2019. Namun lawatan itu bukan kabur atau bermaksud meninggalkan Indonesia menyusul situasi politik nasional.

Menurut Koordinator Juru Bicara BPN Dahnil Anzar Simanjuntak, Prabowo terbang ke Brunei pada Kamis itu dan kembali ke Tanah Air pada hari yang sama. Dia tak merinci urusan Prabowo di sana kecuali bertemu sang penguasa Brunei, Sultan Hassanal Bolkiah.

“… hanya satu hari pulang pergi, tidak menginap, untuk bersilahturahim dengan Sultan Brunei Darussalam,” tulis Dahnil dalam akun Twitter-nya, @Dahnilanzar, Sabtu, 18 Mei 2019.

Pernyataan Dahnil itu sekalian mengoreksi publikasi sebuah media daring yang menyebutkan bahwa Prabowo pergi ke luar negeri menjelang pengumuman hasil pemilu 2019 pada 25 Mei. “Jadi, hoax dan fitnah bila menyebut Pak Prabowo ke LN kabur atau jalan-jalan sprt yg dilakukan seword dkk.”

Dahnil juga mengklarifikasi simpang-siur informasi sebelumnya, sebagaimana banyak jurnalis menanyakan kepada sejumlah petinggi kubu Prabowo. Dia pun bahkan sempat menuliskan pada Twitter bahwa Prabowo tidak pergi ke luar negeri sama sekali.

“… tanggal 17/05/19 Pak @prabowo ke Brunai bahkan berkembang fitnah beliau ke LN kabur, saya menjawab bahwa tidak benar itu hoax, krn beliau pd tgl 17 mei beraktivitas di hambalang dan Kertanegara, itu foto lama yakni 16/05/19.”

Dahnil sempat menyangkal bahwa Prabowo pergi ke luar negeri. Saat merespons kabar sebuah media daring yang memperlihatkan foto Prabowo seperti di sebuah ruangan besar bandara dan dikabarkan bahwa sang kandidat berada di luar negeri, Dahnil mengoreksi informasi itu.

“Siang tadi Pak @prabowo shalat jumat di Hambalang, dan sampai malam tadi beraktivitas di Kertanegara 4. Jadi, foto2 yg tersebar benar foto beliau ke LN, namun foto lama, jd adl fitnah apa yg disebar oleh situs penebar hoax sprt seword ini,” tulis Dahnil dalam akun Twitter-nya, @Dahnilanzar, Jumat malam.

Imigrasi mengonfirmasi

Simpang-siur itu berakhir setelah Direktorat Jenderal Imigrasi mengonfirmasi bahwa Prabowo Subianto pergi ke Brunei Darussalam pada Kamis, 16 Mei 2019.

Berdasarkan keterangan tertulis Sam Fernando, Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Imigrasi, pada Sabtu, 18 Mei, Prabowo terbang dengan pesawat jet pribadi berjenis Embraer 190-Lineage 1000 dengan nomor penerbangan 9H-NYC dari Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta menuju Bandar Sri Begawan, Brunei Darussalam.

Sam tak merinci orang-orang yang menyertai Prabowo pergi ke Brunei, melainkan hanya menyebut, “Kalau dari manifesnya, ada 12 nama lain yang terdaftar bersama beliau.”

Pesawat yang ditumpangi Prabowo dan rombongan, kata Sam, dilaporkan mendarat dengan selamat di Bandar Sri Begawan pukul 12.10 waktu Brunei atau 20.12 WIB.