SBY Beri Selamat ke Jokowi Lewat Telepon

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono
Sumber :
  • Twitter Andi Arief @AndiArief_

VIVA – Ketua Umum Partai Demokrat yang juga Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, sudah memberikan ucapan selamat kepada Joko Widodo yang menurut perhitungan akhir Komisi Pemilihan Umum (KPU), memenangi Pilpres 2019.

Hal itu disampaikan oleh SBY melalui sambungan telepon. Ia tidak bisa bertemu langsung, lantaran masih menjaga istrinya, Ani Yudhoyono, yang dirawat di Singapura akibat kanker.

Ucapan selamat dari SBY ke Jokowi itu, diketahui melalui keterangan dari Ketua Kogasma Partai Demokrat yang juga putra sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY. Pensiunan TNI itu pada Rabu 22 Mei 2019, bertemu Jokowi di Istana Bogor.

"Pada kesempatan baik tadi saya mengucapkan selamat pada Presiden Jokowi atas kemenangan hasil rekap KPU 21 Mei lalu. Ini juga telah disampaikan langsung Bapak SBY tadi malam melalui telepon," kata AHY, usai pertemuan.

Sebelumnya, sejumlah pejabat negara hingga kepala negara sahabat, juga sudah menyampaikan ucapan selamat ke Jokowi. Tokoh-tokoh dalam negeri seperti Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, hingga Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, juga sudah menyampaikan hal serupa.

AHY mengatakan, pertemuan dia dengan Jokowi kali ini adalah atas undangan. Di mana harusnya dilakukan pada Selasa 21 Mei 2019, namun tertunda. 

"Pertemuan ini merupakan kelanjutan dari pertemuan kami sebelumnya di Istana Merdeka pada 2 Mei lalu. Tentu komunikasi yang terjalin ini sebagai wujud harapan bahwa Bapak Presiden Jokowi dan Bapak SBY bisa terus menjalin silaturahim dan komunikasi," tuturnya.