Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 23 Mei 2019 | 10:40 WIB

Ridwan Kamil Berpesan pada Jokowi Rajut Lagi Kebersamaan usia Pilpres

Team VIVA »
Mohammad Arief Hidayat
Adi Suparman (Bandung)
Foto :
  • VIVA/Adi Suparman
Ridwan Kamil

VIVA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengucapkan selamat kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amiin yang ditetapkan sebagai pemenang pemilu presiden 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum.

“Pada Pak Jokowi, Pak Ma’ruf Amin, selamat atas penetapan dari KPU terkait perhitungan, tapi karena ada gugatan ke MK, tentulah kita ikuti prosedurnya. Tapi secara umum saya mengucapkan selamat,” katanya di Bandung, Rabu malam, 22 Mei 2019.

Baca Juga

Dia berpesan kepada Jokowi maupun Ma'ruf Amin sebagai pemenang pemilu presiden agar mengembalikan hubungan baik antarwarga masyarakat setelah sekian lama berselisih akibat berbeda pilihan politik.

Jokowi dan Ma'ruf, katanya, juga harus merangkul lagi elite-elite politik rival mereka dalam pemilu demi bersama-sama membangun bangsa dan negara. “Titipan dari saya, tolong kembali merajut kebersamaan, kerukunan, pasca-pilpres ini jadi prioritas dibandingkan yang lain supaya rakyat Indonesia bisa produktif."

Masyarakat mesti pula menghormati aturan main kontestasi pemilu dengan penyelesaian sengketa melalui peradilan, yakni Mahkamah Konstitusi. Sekarang tugas dan tanggung jawab KPU sebagai penyelenggara pemilu sudah beres, dan tahapannya beralih pada Mahkamah Konstitusi.

Ridwan Kamil juga mengimbau para elite politik untuk tidak memberikan pernyataan kontroversial dan negatif yang dapat memicu suasana masyarakat tak kondusif. “Elite-elite politik tingkat nasional, khususnya yang di Jakarta, rajin-rajin memberikan statement yang menyejukan, yang membuat pengendalian diri warga-warga,” ujarnya.

Topik Terkait
Saksikan Juga
VIDEO: Tanggapan Presiden Jokowi Soal Revisi UU KPK
BERITA - 2 hari lalu