Demokrat Tetap Bersyukur Hasil Pileg meski Meleset dari Target

Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY saat buka bersama kader Partai Demokrat di Jakarta, Senin, 27 Mei 2019.
Sumber :
  • VIVA/Edwin Firdaus

VIVA – Komandan Komando Satuan Tugas Bersama Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, bersyukur karena partainya menembus ambang batas parlemen bila merujuk hasil Pemilu Legislatif 2019 meski tidak mencapai target internal.

"Capaian PD (Partai Demokrat) dalam Pileg 2019, walaupun belum sesuai harapan, kita berharap mendapat double digit, tapi yang kami raih 7,77 persen atau setara dengan 54 kursi DPR. Itu pun patut disyukuri," kata AHY dalam pidatonya saat buka bersama kader Partai Demokrat di Jakarta, Senin, 27 Mei 2019.

Menurut AHY, Pileg 2019 sangat berat. Sampai sebelum pemilu digelar, berbagai lembaga survei memprediksi Partai Demokrat hanya mendapat sekitar 4 persen. Penurunan perolehan suara itu, katanya, di antaranya karena Demokrat tidak memiliki kader yang menjadi calon presiden atau calon wakil presiden dalam pemilu.

Faktor lainnya, AHY maklumi sehingga partainya tidak bisa berharap banyak untuk mendapatkan efek ekor jas. Selain itu, soal pileg serentak 2019 terjadi di Indonesia baru pertama kali digelar.

"Kita tahu PD memiliki konstituen yang sangat heterogen dari Aceh sampai Papua," ujarnya.