Ketua DPR Anggap Prabowo Legowo dan Komitmen Bangun Bangsa

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.
Sumber :

VIVA – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Bambang Soesatyo mengapresiasi pernyataan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno yang menyejukkan menyusul putusan Mahkamah Konstitusi yang menolak gugatan mereka atas sengketa pemilu presiden 2019. Ia berharap sikap itu diikuti para pendukung mereka.

"Saya berharap bahwa putusan MK disambut positif oleh pasangan 02, Pak Prabowo dan Sandi, ini juga diikuti dengan pendukung-pendukung yang lain," katanya di kompleks Parlemen di Jakarta, Jumat, 28 Juni 2019.

Ia percaya semua pihak akan menerima putusan MK sehingga tugas kini merekatkan kembali persatuan bangsa. Semua pihak mesti juga menyambut sikap Prabowo yang legowo atau ikhlas demi kebaikan bangsa Indonesia. "Kita semua menyadari kalau elite ribut, maka yang rugi adalah rakyat."

Jika Prabowo-Sandiaga masih mencoba menempuh jalur hukum lain, kata Bambang, tak masalah. Yang tidak boleh adalah menggunakan cara penyelesaian di luar hukum dan konstitusi. Sengketa pemilu, misalnya, harus diselesaikan melalui Mahkamah Konstitusi.

"Kalau ada langkah-langkah hukum lain, ya, mari kita pergunakan. Tapi yang pasti saya meyakini, Pak Prabowo menyadari tidak lagi ada upaya hukum yang bisa ditempuh, karena MK in kracht dan tidak lagi ada upaya lain untuk menerima hasil MK sendiri," ujarnya. [mus]