Wirendra Tjakrawerdaja : Golkar Dukung Petani Hadapi era Industri 4.0

Caleg Partai Golkar Dapil Jawa Tengah VIII nomor urut 3, Wirendra Tjakrawerdaja.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Caleg Partai Golkar Daerah Pemilihan Jawa Tengah VIII nomor urut 3, Wirendra Tjakrawerdaja, mengajak para petani untuk lebih kreatif. Tak hanya generasi tua, petani generasi muda tak luput dalam penyuluhan dan pelatihan yang dia sampaikan.

Ini dia sampaikan dalam kunjungannya di dua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Kecamatan Adipala dan Kroya, serta Kecamatan Nusawungu dan Binangun di Cilacap.
 
Saat menemui petani, Wirendra membagi tips-tips bagaimana memanfaatkan era digital untuk memudahkan para petani muda dalam meningkatkan hasil produksi.

"Sekarang banyak informasi pertanian di internet yang bisa diakses, ini yang kita manfaatkan. Salah satunya banyak pakar-pakar pertanian di dunia berbagi tips di Youtube, ini yang bisa kita gali," katanya.

Selain itu Wirendra mengungkapkan proses jual-beli secara online melalui internet juga sekarang mudah diakses. Hal tersebut bisa memangkas jalur pemasaran hasil pertanian tanpa melalui tengkulak dan langsung kepada pembeli.

Selain memberikan tips-tips bertani di era digital, sejauh ini Wirendra juga telah memberikan pelatihan meningkatkan hasil produksi melalui pupuk hayati.

Kepada para petani Wirendra juga secara langsung mempraktikan cara membuat pupuk hayati dengan bahan- bahan yang murah dan mudah didapat.

Menurut Wirendra, Partai Golkar hingga saat ini juga terus menjalan program-program untuk meningkatkan kesejahteraan para petani. Partai Golkar juga sudah menyiapkan berbagai program guna menghadapi era industri 4.0 khususnya untuk petani dalam upaya meningkatkan produktivitas petani.

"Golkar siap menjalankan program pemberdayaan dan pendampingan petani muda. Hal ini untuk menyiapkan regenerasi di sektro agro industri agar ketahanan pangan terjaga," tutup putra mantan Menteri Koperasi Subiakto Tjakrawerdaja.