Demi Ingatkan Warga, Dipasang Tulisan Ini di TPS Kampung Akuarium

TPS 040 di Kampung Akurium
Sumber :
  • VIVA/Gobang Mahardhika

VIVA – Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara terpantau kondusif. Ratusan warga secara bergiliran terlihat mengantre untuk memberikan hak suaranya.

Sementara di Kawasan Kampung Akuarium sendiri, terdapat dua Tempat Pemungutan Suara (TPS). Dari TPS 033 dan TPS 040 terdapat 482 Daftar Pemilih Tetap (DPT). Sementara di TPS 040 terdapat tulisan yang menyita perhatian.

"Dilarang Membawa HP ke Dalam Bilik TPS," bunyi tulisan yang ditempel di salah satu tiang. Hal itu sengaja ditulis oleh panitia pelaksana karena ada beberapa warga yang tetap membawa handphone (hp) ke dalam bilik suara.

Menurut salah satu tokoh masyarakat Teddy Kusnendy, hal tersebut sengaja ditulis agar warga Kampung Akuarium melihat bahwa memang tidak diperbolehkan membawa hp ke dalam bilik suara.

"Ini sengaja ditulis untuk warga yang terkadang lupa (bawa handphone)," kata dia di TPS 040 Kampung Akuarium, Jakarta, Rabu, 17 April 2019.

Dia menjelaskan bahwa untuk pengamanan, TPS 040 memiliki dua penjagaan. Namun di penjagaan pertama sempat ada yang kedapatan membawa hp. Kendati demikian, hal itu segera diketahui. 

"Tapi untuk pengamanannya sendiri kita ada dua penjagaan. Tadi di penjagaan pertama, ada yang lepas, tapi bisa langsung kita amanin," ujar Teddy. (ldp)

Laporan: Gobang Mahardhika