Manfaat Segelas Susu Selama Bulan Puasa

Ilustrasi susu.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Ramadan telah tiba. Seluruh umat Muslim dunia pun menjalankan puasa dari Subuh hingga terbenam matahari. Tidak boleh makan dan minum, juga harus menahan hawa nafsu dari segala amarah.

Bukan cuma itu, ritme kehidupan di bulan Ramadan umumnya juga berubah. Pada pagi hari, kita bangun lebih pagi dari biasanya untuk mempersiapkan hidangan sahur bagi keluarga. Untuk menu buka puasa, kita juga mempersiapkan beragam menu untuk disantap bersama keluarga.

Banyaknya tenaga yang tetap dikeluarkan di bulan Ramadan, membuat kita pun harus menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Konsumsi susu bahkan tetap dianjurkan, untuk mereka yang menjalani puasa.

Anda pasti ingin tahu, apa sih, manfaat segelas susu selama bulan puasa? Berikut ulasannya seperti dikutip dari rilis yang diterima VIVA dari Greenfields.

1. Kenyang lebih lama

Selama menjalankan ibadah puasa, tubuh membutuhkan nutrisi yang baik dan lengkap agar tetap fit. Mengkonsumsi segelas susu saat sahur dapat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama berkat kandungan proteinnya.  Selain menyumbang asupan cairan tubuh, susu juga mengandung kalsium dan sejumlah vitamin yang diperlukan tubuh serta membantu memperkuat daya tahan tubuh selama puasa.

2. Kembalikan energi tubuh

Konsumsi susu juga dianjurkan saat berbuka puasa. Asupan susu saat berbuka memberikan manfaat yang berbeda dengan asupan susu saat sahur. Saat berbuka, susu dapat memantu mengembalikan energi tubuh

3. Membantu tidur kebih cepat
Segelas susu yang dikonsumsi pada malam hari akan membantu tidur lebih cepat berkat kandungan asam amino tryptophan, suatu prekursor yang berguna untuk neurotransmitter serotonin yang bersifat menenangkan sehingga membantu proses tidur lebih cepat. (row)