5 Menu Favorit Buka Puasa Orang Indonesia

Aneka snack camilan gorengan
Sumber :
  • VIVA / Renne

VIVA – Waktu berbuka puasa di bulan Ramadan, menjadi hal yang paling ditunggu. Tak jarang, mereka yang berpuasa juga mulai mencari aneka ragam menu takjil untuk berbuka puasa.

Seringkali sejumlah jalan penuh dengan beragam pedagang yang menjajakkan aneka menu makanan. Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat.

Saat bedug Magrib tiba, biasanya aneka hidangan pun telah siap tersaji di atas meja. Kebiasaan ini sudah jadi tradisi dari masyarakat Indonesia di awal Ramadan. Lalu apa saja sih menu favorit buka puasa yang selalu hadir di meja selama bulan Ramadan?

1. Gorengan

Gorengan menjadi menu takjil yang umum dikonsumsi sebagian besar masyarakat Indonesia. Tanpa gorengan, buka puasa seolah belum sempurna. Meski tak  menyehatkan, namun menu ini yang paling favorit. Mulai dari bakwan, risol, tahu isi, tempe goreng hingga lontong isi dengan sambal kacang semakin menambah kenikmatan untuk berbuka puasa.  

2. Aneka es segar

Beragam jenis es seperti es campur, es teler hingga es buah menjadi sajian takjil yang juga tidak boleh absen selama bulan puasa. Rasa manis dan sensasi segar ini saat diteguk membuat es menjadi primadona saat bulan puasa.

3. Aneka kolak

Kolak pisang, kolak biji salak hingga kolak ubi merupakan salah satu makanan yang dinantikan banyak orang. Selain manis, kolak pisang bisa membuat seseorang cepat kenyang, tidak heran jika kolak sering dijadikan menu utama berbuka.

4. Kue tradisional

Selain gorengan, beberapa jajanan pasar juga menjadi menu buka puasa pilihan beberapa keluarga Indonesia. Sebut saja arem-arem, jentik manis, mendhut hitam, hingga kue lumpur.  

5. Kurma

Kurma menjadi makanan anjuran dari Nabi untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Kurma juga dianggap sebagai buah yang menyehatkan dan mampu mengembalikan asupan nutrisi yang hilang setelah seharian berpuasa. (row)