7 Masalah Kesehatan Ini Rentan Mengintai saat Puasa

Ilustrasi sulit kentut.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Manfaat puasa untuk tubuh sudah tak diragukan lagi. Sayangnya, tak sedikit masalah kesehatan yang mengintai saat menjalani puasa dengan pola makan buruk.

Tuntutan asupan nutrisi yang baik selama berpuasa, bisa memberikan manfaat baik bagi tubuh. Sebaliknya, pola makan atau nutrisi buruk saat puasa, berpotensi membuat tubuh alami masalah kesehatan.

Berikut beberapa masalah kesehatan yang rentan mengintai saat konsumsi nutrisi buruk ketika berpuasa, dipaparkan oleh spesialis gizi klinis, dr. Jovita Amelia, MSc, SpGK, di kawasan Gondangdia, Jakarta beberapa waktu lalu.

1. GERD

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus. Untuk mencegah naiknya asam lambung, hindsri makanan yang digoreng berlebih serta santan yang tinggi lemak. Dianjurkan juga untuk hindari merokok selama bulan ramadan untuk mencegah asam lambung meningkat.

2. Diabetes

Gula darah yang terlalu tinggi memicu diabetes rentan terjadi. Maka, disarankan konsumsi asupan tepat seperti karbohidrat kompleks yang memiliki indeks glikemik yang rendah serta meminimalisir konsumsi gula.

3. Sakit kepala

Banyak hal yang bisa memicu sakit kepala saat puasa seperti kekurangan makan saat sahur atau terlalu banyak aktivitas di bawah panas matahari. Usahakan untuk mengonsumsi sumber nutrisi tepat seperti karbohidrat, protein, lemak serta sayur dan buah.

4. Dehidrasi

Dehidrasi bisa terjadi karena tubuh kekurangan cairan saat sahur. Dehidrasi berlebihan bisa memicu kondisi disorientasi, di mana membuat seseorang kebingungan mengenal tempat dan waktu saat itu. Cegah dengan konsumsi cairan sebanyak 2 liter air atau 8 gelas sehari.

5. Konstipasi

Konstipasi adalah kondisi saat tubuh sulit buang air besar. Saat puasa, seringkali asupan buah dan sayur terlupakan dan berlebihan mengonsumsi gorengan. Anjuran konsumsi sayur dan buah selama puasa, diharapkan dapat mencegah konstipasi.

6. Stres

Berubahnya pola tidur dan makan membuat tubuh perlu beradaptasi. Seringnya, hal ini membuat asupan makan berkurang dan istirahat tidak maksimal yang memicu tubuh kesulitan beradaptasi sehingga stres rentan melanda. Disarankan agar pola makan dan istirahat tetap terjaga meski saat bulan ramadan.

7. Obesitas

Asupan manis yang berlebih serta gorengan, membuat lemak rentan menumpuk di tubuh. Batasi asupan tersebut agar mencegah obesitas atau kegemukan.(rna)