Cerita Laudya Cynthia Bella Bedanya Lebaran di Malaysia dan Indonesia

Laudya Cynthia Bella
Sumber :
  • Instagram Laudya Cynthia Bella

VIVA – Tak seperti tahun sebelumnya, Laudya Cynthia Bella memilih berkumpul bersama keluarga di Bandung, Jawa Barat pada Lebaran hari kedua. Setelah menikah, Bella memang tinggal bersama suaminya di Malaysia. Namun, untuk kali ini ia dan suami memutuskan langsung kembali ke Indonesia setelah merayakan Idul Fitri di Malaysia.

Menghabiskan momen Idul Fitri di dua negara membuat Bella merasakan ada perbedaan budaya yang kental. Mulai dari makanan hingga tradisi dalam bersilaturahmi.

"Perbedaan makanan, kalau di sana makan ketupat pakai rendang atau abon. Makannya lebih kering, kalau di kita kan ada kuah-kuahnya," kata Bella saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Selain makanan, tradisi yang juga berbeda dalam perayaan Lebaran di Malaysia adalah momennya yang dibuat lebih panjang dari Indonesia. Menurut Bella, perayaan Lebaran di Negeri Jiran bisa berlangsung 7-10 hari. Sebabnya, banyak warga Malaysia yang senang mengunjungi setiap rumah untuk bersilaturahmi.

"Jadi setiap hari bisa datang ke rumah orang terus. Kalau di sini cuma tiga hari saja halal bihalal sudah selesai, di sana masih ramai sampai seminggu lebih," ungkap Bella. (ase)