Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Selasa, 4 Juni 2019 | 12:13 WIB

3 Trik Simpel Atasi Pegal saat Mudik, Jangan Lupa Sensasi Panas

Team VIVA »
Amal Nur Ngazis
Adinda Permatasari
Foto :
  • ANTARA/Hafidz Mubarak
Kendaraan pemudik tujuan Sumatera antre memasuki kapal Roro di Pelabuhan Merak,

VIVA – Saat perjalanan mudik, pengemudi dan penumpang kendaraan umumnya merasakan pegal dan lelah. Menurut dokter spesialis kedokteran olahraga, Angelica Anggunadi, para pengemudi dan penumpang akan merasakan badan lelah dan pegal saat mudik karena saat berada di kendaraan terlalu lama.

Dia mengatakan, saat berada di kendaraan terlalu lama, tubuh akan berada dalam posisi yang cenderung statis dan memiliki risiko mengalami kekurangan cairan.

Baca Juga

"Berada dalam posisi yang cenderung statis atau duduk terlalu lama membuat aliran darah di tubuh kita, terutama di kaki, menjadi kurang lancar dan membuat tubuh kita menjadi kaku," jelas Angelica dalam keterangan tertulisnya kepada VIVA, Selasa 4 Juni 2019.

Nah, bagaimana cara agar para pengemudi dan penumpang mengatasi rasa lelah dan pegal selama mudik? Simak tips dari dokter Angelica Anggunadi berikut ini: 

Lakukan pijatan

Sentuhan yang dalam pada saat tubuh dipijat dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan pegal pada otot. Hal ini dapat terjadi karena tekanan dari pemijatan akan merangsang sensor mekanik di otot yang akan memicu refleks otot untuk merelaksasikan tubuh.

Pemijatan pun dapat memperlancar peredaran darah, yang sangat berguna untuk mengatasi rasa pegal yang terjadi karena peredaran darah yang tidak lancar. Otot akan menjadi lebih lentur dan rasa pegal pun akan berkurang. Beberapa penelitian juga menunjukkan, pemijatan dapat mengaktifkan gen yang bekerja untuk mengurangi peradangan otot, namun masih perlu penelitian lebih lanjut untuk menentukan besarnya efek tersebut.

Meregangkan otot

Peregangan dapat membuat otot yang kaku menjadi kembali lentur. Menggerakkan otot yang kaku dengan gerakan-gerakan peregangan akan memperlancar peredaran darah yang menghilangkan rasa kaku pada otot. Terdapat beberapa gerakan-gerakan sederhana yang dapat dilakukan oleh seluruh anggota keluarga pada saat di perjalanan mudik.

Perlu diingat, saat paling baik untuk meregangkan tubuh adalah setiap 2 jam sekali, sebuah hal yang sangat mungkin dilakukan saat berhenti di rest area.

Beri sensasi panas tubuh yang pegal

Sensasi panas dapat membantu mengurangi rasa pegal pada otot. Saat perjalanan mudik, salah satu sumber panas yang paling praktis adalah koyo. Saat ditempelkan pada bagian tubuh, koyo akan memanaskan bagian tersebut sehingga aliran darah pada bagian tersebut meningkat dan juga mengurangi rasa nyeri serta pegal.

Koyo umumnya juga mengandung zat yang memiliki sifat anti-radang (metil salisilat) yang membuatnya efektif dalam mengurangi rasa nyeri pada otot.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Damai Indonesia Menangkan Anugerah Syiar Ramadhan 2019
TVONE NEWS - 2 hari lalu