Rekomendasi Smartphone untuk Lebaran, dari Rp1 Juta sampai Rp10 Juta

Ilustrasi smartphone.
Sumber :
  • The Verge/Amelia Holowaty Krales

VIVA – Muslim di seluruh dunia telah menjalankan hampir setengah bulan berpuasa saat Ramadan ini. Yang ditunggu-tunggu pun hampir mendekati waktunya, yakni Idul Fitri, atau Lebaran, merayakan kemenangan.

Yang menjadi tradisi saat lebaran adalah bersilaturahmi. Pada momen ini semua mata akan tertuju pada penampilan kita. Termasuk apa yang kita bawa dan genggam. Smartphone menjadi salah satu yang akan menarik perhatian saudara dan kolega saat bersilaturahmi nanti.

Tak perlu khawatir untuk menjaga penampilan dengan smartphone. Saat ini dengan bujet minim pun sudah bisa memiliki gawai untuk dipamerkan. Apalagi jika kita memiliki rezeki berlebih, harga smartphone di atas Rp10 juta sudah pasti tidak akan mengecewakan.

Nah, berikut ini adalah rekomendasi dari VIVA.co.id untuk Anda bisa memilih smartphone sesuai bujet, agar bisa makin eksis saat silaturahmi nanti:

1. Rp1 jutaan

Jika Anda memiliki bujet minim, bisa saja menyisihkan uang THR di bawah Rp2 juta. Smartphone yang bisa Anda beli di segmen harga sebesar itu adalah Asus Zenfone Live L2. Harga pasarannya hanya Rp1,2 juta. Desainnya juga keren dengan bodi glossy di bagian belakang. Layarnya 5,5 inci dengan resolusi HD+. Dibekali Snapdragon 425 dengan RAM 2 GB dan ROM 16 GB yang bisa ditingkatkan dengan memori eksternal sampai 1 TB.

Kamera depan tersemat resolusi 5 MP dengan aperture f/2.4, dan kamera belakang 13 MP aperture f/2.0.

2. Harga Rp2 jutaan

Realme 3 Pro merupakan smartphone baru andalan subbrand Oppo. Dibekali dengan layar 6 inci, di dalamnya ada RAM 6 GB dan ROM 128 GB. Smartphone ini memiliki lensa utama 16 MP yang menggunakan sensor Sony IMX 519. Sedangkan kamera sekunder memiliki resolusi 5 MP. Yang menjadi andalan di smartphone ini adalah fitur nightscape untuk foto malam hari yang keren, dan chroma boost yang bisa menghasilkan foto lebih terang.

3. Harga Rp3 jutaan

Awalnya diluncurkan Oppo F11 Pro, kini Oppo F11 juga bisa menghasilkan foto malam hari yang super keren. Oppo F11 dilengkapi dengan daya baterai 4.000 mAh, teknologi rendah daya pada layar dan CPU sehingga tidak mudah panas. Oppo F11 memiliki layar FHD+ berukuran 6,53 inci dengan rasio aspek 19,5:9 dan rasio screen to body 90,9 persen. Layar besar ini juga memiliki frame rate 60 FPS, kapasitas ROM sampai 128 GB. Tak hanya itu, RAM-nya pun sekitar 4 GB. 

Ada fitur penting di Oppo F11 yang mampu memberikan kenyamanan bagi pengguna yang juga gamer. Fitur tersebut adalah Hyperboost, Game Space dan Game Assistant.

4. Harga Rp10 jutaan

Untuk yang satu ini, jelas butuh merogoh kocek yang cukup dalam walaupun hasilnya tidak akan mengecewakan. Samsung Galaxy S10 Plus merupakan yang terbaik untuk smartphone kelas atas. Harganya memang Rp13 jutaan namun kameranya bisa diandalkan untuk mengambil foto maupun video. Apalagi untuk yang suka nge-vlog, kamera dijamin stabil abis karena ada fitur supersteady dan video stabilization. kamera depan untuk selfie di Galaxy S10 Plus dilengkapi dengan teknologi UHD, bisa untuk merekam video format yang sama.

Samsung Galaxy S10 Plus memiliki bentang layar 6,4 inci. Bicara masalah ruang, seri ini tersedia dengan RAM 8 GB dan 12 GB. Sedangkan ROM-nya ada pilihan 128 GB, 512 GB dan 1 TB. Ditenagai prosesor Exynos 9820.