Ramadan Jadi Salah Satu Performa Puncak E-Commerce

Shopee Big Ramadhan Sale.
Sumber :

VIVA – Momen Ramadan menjadi berkah bagi banyak orang, dari restoran, hingga bidang fashion, semua mendapat bagiannya di bulan baik ini. Pengeluaran masyarakat yang besar menyambut Idul Fitri sudah jadi  ramalan pasti yang dimanfaatkan banyak pengusaha. Salah satu yang ikut kecipratan rezeki Ramadan adalah industri e-commerce. 

Sebagai perusahaan e-commerce di Asia Tenggara dan Taiwan, Shopee mencatat rekor transaksi menakjubkan, 300 persen dibanding puncak kampanye Ramadan tahun lalu. Tingginya transaksi juga bisa dilihat dari peningkatan trafik di aplikasi Shopee yang meningkat hingga dua kali lipat. 

"Kuartal pertama 2019, Shopee mencatat GMV sebesar US$3,5 miliar. Indonesia ada dalam 40 persen dari market Shopee," kata Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia, dalam paparannya, di kantor Shopee Indonesia, Jakarta Selatan, Rabu 29 Mei 2019.  

Kemudian ia mengatakan hal tersebut tak lepas dari momen Ramadan dan diterimanya THR, "Momen penerimaan THR juga menjadi faktor utama peningkatan transaksi, sehingga mencatatkan rekor terbaru penjualan Shopee yang meningkat hingga 300 persen dibanding tahun lalu."

Tidak hanya mengalami performa signifikan selama periode puncak Ramadan, Shopee juga mengamati beberapa fakta menarik tentang perilaku belanja pengguna. Kategori terfavorit yang mencatat pesanan tertinggi adalah kecantikan, busana muslim, peralatan rumah, handphone dan aksesori, serta otomotif.

Menariknya, otomotif adalah kategori yang terlihat peningkatannya karena semakin banyak orang beralih ke Shopee untuk mencari aksesori mobil. Tak hanya itu, pengguna Shopee dari Kota Bogor, kota terbesar ketiga di Indonesia, membeli produk terbanyak selama periode puncak Ramadan dibandingkan dengan kota-kota lain.

Tak dipungkiri bahwa momen Ramadan menjadi satu dari dua momen paling penting bagi e-commerce. Momen lainnya adalah saat digelarnya Hari Belanja Online Nasional.

"Ada dua waktu penting bagi e-commerce. Ramadan, seminggu atau dua minggu terima THR, dan saat Harbolnas," kata Rezki Yanuar, Country Brand Manager Shopee.