Tips Ampuh Cegah Emosi di Jalan saat Berpuasa

Ekspresi marah seorang pengemudi.
Sumber :
  • www.ericautos.com

VIVA – Saat berpuasa, hal yang cukup sulit dilakukan adalah menahan emosi. Terlebih, saat berkendara di jalan raya. Dengan kondisi badan yang lelah akibat tidak ada asupan makanan dan minuman, orang jadi lebih sensitif.

Seperti yang disampaikan dokter dari Rumah Sakit Pertamina Jaya, Daniel Bramantyo. Dia mengatakan, wajar jika orang berpuasa gampang marah, karena tubuh kurang asupan dan kelelahan.

"Jadi lebih sensitif, karena yang ada di dalam tubuh, gula mulai rendah, hormon tidak ada yang terlepas. Otak tidak mau mengarahkan, gerak jadi lebih sensitif," ujarnya kepada VIVA, Senin 6 Mei 2019.

Menurutnya, emosi akan memengaruhi gaya berkendara orang, dan akan berdampak pada pengguna jalan lainnya. Namun, tidak semua pengemudi mobil atau pengendara motor mudah emosi saat berpuasa.

"Kadang, emosi itu muncul karena mindset kita sudah berpikir negatif terhadap sesuatu hal. Maka, tipsnya melakukan perjalanan lebih dulu sebelum office hour," tuturnya.

Dia mengatakan, kalau jalanan macet, otomatis konflik dengan pengemudi lain mudah terjadi. Selain itu, jangan berkendara menjelang siang hari, karena tubuh mulai lelah, terlebih yang kurang tidur.

"Tubuh lelah itu biasanya muncul dari jam 10 pagi, saat aktivitas kantor yang padat. Di atas jam itu, pasti lebih emosi, karena tingkat lelah dan faktor dari suhu udara," kata dia. (kwo)