Mau Sewa Mobil untuk Mudik Tanpa Uang Jaminan, Begini Caranya

Ilustrasi mudik dengan menggunakan mobil.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

VIVA – Saat menyewa mobil, biasanya pihak rental kendaraan menawarkan pilihan lepas kunci atau menggunakan sopir. Lepas kunci berarti penyewa bisa mengemudi langsung mobil tersebut. 

Sementara jika menggunakan jasa sopir rental, berarti penyewa bisa lebih nyaman dan tidak perlu repot saat kondisi jalan macet. Namun, fasilitas ini ternyata tidak bisa dimanfaatkan untuk musim libur hari raya Idul Fitri. 

Seorang pegawai dari rental mobil di Bekasi, Andi mengatakan, perusahaannya tidak lagi menyediakan jasa sopir ketika musim mudik tiba. Sehingga, konsumen harus mengemudikan sendiri kendaraan yang disewa.

"Untuk mudik, semuanya lepas kunci. Sopir juga pada pulang kampung. Kalau hari biasa, memang kami sediakan jasa sopir bagi yang membutuhkan," ujarnya kepada VIVA, Rabu 8 Mei 2019. 

Untuk membawa mobil rental pulang ke kampung halaman, Andi mengatakan, ada beberapa persyaratan yang wajib disiapkan oleh penyewa, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM) golongan A, Kartu Keluarga, dan rekening listrik. 

"Pas ambil mobil, semua dokumen asli dan salinannya dibawa. Nanti kami cek, yang salinan buat data kami, terus penyewa wajib menaruh sepeda motor di sini," tuturnya.

Persyaratan serupa juga diberlakukan oleh A3 Rental Mobil di Kelapa Gading. Pemilik rental, Arman mengatakan, penyewa harus menyiapkan dokumen pribadi dan uang deposit, selama menyewa mobil di musim mudik lebaran.

"Dokumen pribadi kayak KTP, KK, SIM A, NPWP, rekening listrik, harus dibawa. Terus, nanti bayar deposit Rp2,5 juta atau taruh sepeda motor di tempat kami, sebagai jaminan dari penyewa," ungkap Arman. (kwo)