STNK Mobil Baru Diterima Usai Lebaran, Ini Cara Biar Tetap Bisa Mudik

Stan Toyota di IIMS 2019
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Menjelang lebaran, warga Ibu Kota berbondong-bondong pulang ke kampung halaman. Mobil pribadi pun kerap digunakan, bahkan ada yang rela memboyong mobil baru untuk keperluan mudik.

Namun, jika melakukan pembelian mobil baru mendekati lebaran, biasanya ada kendala. Seperti unit yang harus inden, atau penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) setelah lebaran.

Salah satu wiraniaga diler Toyota Auto2000, Reza mengatakan, jika konsumen melakukan pemesanan mobil Toyota sekarang untuk model apa pun, pasti STNK atau pelat nomor baru turun setelah lebaran.

“Konsumen bisa buat surat jalan sementara, terakhir tanggal 23 Mei,” ujarnya kepada VIVA, Selasa 21 Mei 2019.

Executive General Manager PT Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto menanggapi hal tersebut. Dia menyebut, lamanya proses penerbitan STNK dan pelat nomor, tergantung kebijakan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat).

“Pelayanan permintaan faktur ke TAM dilayani sampai tanggal 31 Mei, dan mulai kembali tanggal 12 Juni. Sedangkan, pelayanan proses STNK,  tergantung Samsat masing-masing daerah,” tuturnya kepada VIVA.

Sebagai informasi, hal itu tidak hanya terjadi pada merek Toyota saja. Beberapa diler mobil yang dihubungi VIVA, mulai dari Honda hingga Mitsubishi, menyebut hal yang sama. (ann)