Kontroversi Bos Bukalapak Hingga Munculnya Tagar #UninstallJokowi

Pendiri dan CEO Bukalapak, Achmad Zaky.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/ICom/AM IMF-WBG/Afriadi Hikmal

VIVA – Berita seputar Pendiri dan Kepala Eksekutif Bukalapak, Achmad Zaky, menjadi berita yang paling banyak dibicarakan sepanjang Jumat, 15 Februari 2019. Hal itu bermula dari cuitannya di media sosial.

Zaky menyinggung daftar alokasi riset dan pengembangan sebuah negara. Yang dipermasalahkan warganet, Zaky mengakhiri postingannya dengan frasa bernada politik. 

"Mudah-mudahan presiden baru bisa naikin," tulisnya.  

Dari lima besar berita terpopuler di VIVA, Jumat 15 Februari, empat di antaranya berkisar mengenai Zaky. Dari mulai cuitan Zaky yang membuat marah pendukung Jokowi, tagar #UninstallJokowi, hingga Zaky yang akhirnya meminta maaf.

Berikut 5 besar berita terpopuler VIVA, yang terangkum dalam round up:

1. Posting 'Presiden Baru', Bos Bukalapak Bikin Marah Pendukung Jokowi

Cuitan Achmad Zaky di Twitter membuat marah pendukung Jokowi. Dalam postingannya bos Bukalapak itu menyinggung daftar alokasi riset dan pengembangan sebuah negara. Dia mengutip daya alokasi riset dan pengembangan 2016 Indonesia yakni US$2 miliar dengan peringkat nomor 43.

Mengakhiri postingannya itu, Zaky menuliskan menutup dengan frasa bernada politik. Hal itu sampai memicu munculnya tagar #uninstallbukalapak.

Baca berita lengkapnya di sini.

2. Heboh #UninstallJokowi Puncaki Trending Dunia

Tagar #uninstallbukalapak adalah wujud kemarahan dari warganet lantaran ujaran Zaky yang menyebut perihal presiden baru dan anggaran riset Indonesia.

Namun menyusul kepopuleran hashtag yang bernada penolakan pada pernyataan Zaky tersebut, tagar #Uninstall Jokowi justru merangsek ke posisi puncak trending topic dunia.

Baca berita lengkapnya di sini.

3. Melihat Gerak Cepat Tagar #UninstallJokowi

Pernyataan Achmad Zaky memicu perang tagar di Twitter. Semula muncul tagar #Uninstallbukalapak, yang lalu diikuti tagar #UninstallJokowi.

Warganet yang menggunakan tagar ini rata-rata menyuarakan kekecewaan dengan kinerja Jokowi, buntut antitesa dari perlawanan terhadap #Uninstallbukalapak. Belakangan pada Jumat siang, justru tagar #Uninstalljokowi malah menyodok di puncak tren topik Twitter, sedangkan dua tagar lainnya terlempar dari daftar trending topic, yang diisi dengan tagar seputar Prabowo dan Jumatan. 

Baca berita lengkapnya di sini.

4. Bos Bukalapak Minta Maaf
Dalam klarifikasi resmi yang diterima VIVA, Jumat, 15 Februari 2019, Zaky menyatakan permintaan maaf atas kekhilafannya yang menimbulkan kesalahpahaman.

Ia menyampaikan bahwa cuitan tersebut tidak bermaksud untuk mendukung atau tidak mendukung suatu calon presiden tertentu, melainkan ajakan untuk bersama membangun Indonesia melalui penelitian dan pengembangan ilmiah.

Baca berita lengkapnya di sini.

5. Heboh Penampakan Pria Bermata Satu di Google Maps

Google Maps Street View menangkap gambar seorang pria yang tengah duduk di atas batu. Namun ada yang aneh, wajah pria yang sebagian ditutup oleh tangan itu terlihat tidak normal, dia terlihat seperti hanya memiliki satu mata. Sekilas dari jauh memang tampak biasa, namun tidak jika dari dekat. 

Dikutip melalui situs Express, Jumat, 15 Februari 2019, foto aneh tersebut ditemukan di Hutan Nasional Monongahela, Amerika Serikat. Ada seorang pria yang duduk di atas batu. Dirinya mengenakan celana pendek, kaos dan topi baseball. 

Baca berita lengkapnya di sini.