JK Kasih Lahan ke Prabowo, Jateng Dinilai A hingga Teriakan Bobotoh

Wakil Presiden Jusuf Kalla.
Sumber :
  • Reza Fajri/VIVA.co.id.

VIVA – Berita mengenai cerita Wakil Presiden Jusuf Kalla yang memberikan izin atas pengelolaan ratusan hektare lahan kepada Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menjadi perhatian khusus pembaca VIVA sepanjang Selasa 19 Februari 2019.

JK panggilan akrabnya menilai penguasaan sejumlah lahan secara besar yang diberikan oleh negara kepada pengusaha nasional dinilai sangat wajar. Terlebih penggunaan lahan tersebut dinilai untuk mendorong ekonomi negara dengan cara meningkatkan nilai ekspor.

Selain itu, pemberitaan terkait Provinsi Jawa Tengah yang meraih penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan predikat A ikut menjadi sorotan pembaca VIVA.

Tak sampai di situ, pembaca juga sepertinya tertarik dengan berita terkait duel Persib Bandung menghadapi Arema FC di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, yang tiba-tiba para bobotoh meneriakan Prabowo Subianto.

Kemudian, pemberitaan yang membahas hasil dari debat Calon Presiden 2019 juga masih menjadi perhatian pembaca. Kali ini, terkuaknya Jokowi yang pernah bekerja di lahan yang dikuasai Prabowo Subianto di Aceh dan dijabarkan langsung oleh Irwandi Yusuf.

Dan tak kalah hebohnya pemberitaan atas usul Prabowo Subianto dalam debat calon presiden yang menginginkan pemisahan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup di jawab oleh LSM Wahana Lingkungan Hidup atau Walhi.

Berikut lima pemberitaan yang terpopuler tersebut:

1. Wapres JK Soal Lahan Prabowo: Saya yang Kasih Itu

Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai wajar jika ada sekelompok orang menguasai pengelolaan ratusan ribu hektare lahan di Indonesia. Hal tersebut disampaikannya terkait heboh lahan ratusan hektare yang dikuasai Prabowo Subianto.

Menurutnya, penguasaan lahan tersebut adalah hal yang biasa dalam dunia industri di Indonesia.

"Itu malah banyak perusahaan yang menguasai lebih dari itu. Ada yang menguasai 1 juta (hektare), kalau digabung dan sebagainya. Itu hal yang biasa," kata JK ketika ditemui di kantornya, Jakarta, Selasa 19 Februari 2019.

Baca selengkapnya di sini

2. Jawa Tengah Diberi Nilai A karena Efisiensi Anggaran Rp1,2 Triliun

Provinsi Jawa Tengah meraih penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan predikat A dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Jateng pada 2018 berhasil melakukan efisiensi anggaran sebesar Rp1,2 triliun.

Penyerahan penghargaan dilakukan dalam acara penyampaian Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja dan SAKIP Award bagi pemda Wilayah III di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 Februari 2019.

Baca selengkapnya di sini

3. Bobotoh Teriakkan Prabowo saat Ridwan Kamil Nonton Laga Persib

Duel Persib Bandung menghadapi Arema FC di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Senin 18 Februari 2019, berakhir dengan skor imbang 1-1.

Namun, ada kejadian menarik saat masuk istirahat babak pertama. Sebagian Bobotoh yang memadati tribun barat tiba-tiba meneriakkan nama calon Presiden Prabowo Subianto.

Baca selengkapnya di sini

4. Jokowi Pernah Kerja di Lahan yang Dibeli Prabowo

Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf membenarkan perusahaan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menguasai pengelolaan ribuan hektare lahan di wilayah Aceh.

Perusahaan tersebut yakni PT Tusam Hutani Lestari, yang memasok kayu pinus sebagai bahan pembuat kertas ke Kertas Kraft Aceh (KKA). 

Baca selengkapnya di sini

5. Prabowo Usul Pemisahan KLHK, Ini Kata Walhi

Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, mengungkapkan akan memisahkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), jika terpilih pada pilpres April 2019. Menurutnya, permasalahan lingkungan memerlukan perhatian khusus.

Menanggapi pernyataan tersebut, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) menilai diperlukan suatu kajian untuk memastikan sejauh mana efektivitas dari inisiasi langkah tersebut.

Baca selengkapnya di sini