Mahfud MD soal Islam Garis Keras, Reaksi Dahnil, & Irish Bella Menikah

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Pernyataan Mahfud MD beberapa waktu lalu masih jadi sorotan sejumlah politisi negeri ini. Badan Pemenangan Prabowo dan sejumlah tokoh mengkritisi pernyataan Mahfud tentang Islam garis keras dianggap bisa memecah belah persatuan.

"Kemarin itu sudah agak panas. Dan mungkin pembelahannya sekarang kalau melihat sebaran kemenangan memang mengingatkan kita untuk menjadi lebih sadar segera rekonsiliasi," kata Mahfud dalam video yang beredar di twitter, salah satunya di twitter @KingPurwa, Minggu 28 April 2019.

Mahfud mengklaim kemenangan Jokowi, sementara kemenangan tersebut sulit di balik menjadi milik Prabowo dengan cara apapun.

"Tapi kalau lihat sebarannya di beberapa provinsi yang agak panas Pak Jokowi kalah. Dan itu diidentifikasi tempat-tempat kemenangan Pak Prabowo dulunya dianggap provinsi garis keras dalam hal agama. Misal Jabar, Sumbar, Aceh dan sebagainya. Sulses juga," kata Mahfud.

Berita seputar pernyataan kontroversial itu masih menjadi topik paling panas di VIVA sepanjang Minggu, 28 April 2019. Tak ketinggalan, berita olahraga, hiburan, dan otomotif mewarnai akhir pekan kemarin.

Berikut ini rangkuman 5 artikel paling jadi sorotan di kalangan para pembaca.

1. Mahfud Sebut Pendukung Prabowo Islam Garis Keras, Dahnil Kaget

Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak mengaku kaget dengan tuduhan Mahfud tersebut. Sebab, Mahfud dianggap menggunakan narasi daerah Prabowo menang sebagai daerah Islam garis keras.

"Saya menghormati Pak @mohmahfudmd tapi kaget dg tuduhannya, karena ambisinya sampai tega menggunakan narasi daerah2 02 menang sprt Aceh, Sumbar, Jawa Barat dsb, sbg daerah Islam garis keras. Narasi Pak Mahfud ini yg justru memecah belah dan penuh kebencian," cuit Dahnil melalui akun twitternya @Dahnilanzar, Minggu 28 April 2019.

Ia menyebut Mahfud bersikap seolah netral, tapi menuduh pendukung Prabowo berada di daerah Islam garis keras. Hal ini malah menyulut keruh. Selengkapnya baca di sini.

2. Andi Arief Ceramahi Mahfud MD Soal Wasiat Bung Karno

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Andi Arief kembali mengkritisi mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Moh. Mahfud MD. Dia mengungkapkan pemikiran dari Bung Karno, proklamator kemerdekaan Indonesia yang juga Presiden RI pertama.

"Wasiat Soekarno jelang pemilu yang tidak diindahkan oleh Prof @mohmahfudmd : "Negara Republik Indonesia ini milik kita semua dari Sabang sampai Merauke!" (Soekarno dalam Kongres Rakyat Jawa Timur di Surabaya, 24 September 1955)," tulis Andi melalui akun Twitternya, @AndiArief__, dikutip VIVA, Minggu, 28 April 2019. Begini beritanya.

3. Banjir di Bengkulu, Air Mencapai Bubungan Rumah

Banjir masih melanda tiga kecamatan di Bengkulu, Minggu, 28 April 2019 pagi. Ketinggian air bervariasi, ada yang mencapai satu meter, ada yang hingga setinggi bubungan atap rumah. 

Dilansir tvOne, Mingggu, 28 April 2019, tiga kecamatan tersebut yaitu Sungai Serut, Ratu Agung dan Muara Bangkahulu. Kondisi air hingga pagi ini masih tinggi. Berikut laporan selengkapnya.

4. Mahfud Jelaskan Maksud Pendukung Prabowo Islam Garis Keras

Mahfud MD pun menjawab maksud dia menyebut pendukung Prabowo berasal dari daerah garis keras terhadap agama. Ia menjelaskan maksud garis keras adalah memiliki kesetiaan yang tinggi.

"Garis keras itu sama dengan fanatik, dan sama dengan kesetiaan yang tinggi. Itu bukan hal yg dilarang, itu term politik. Sama halnya dengan garis moderat, itu bukan hal yang haram. Dua-duanya boleh dan kita bisa memilih yang mana pun. Sama dengan bilang Jokowi menang di daerah PDIP, Prabowo di daerah hijau," cuit Mahfud melalui akun twitternya @mohmahfudmd, Minggu 28 April 2019. Ini selengkapnya.

5. Ammar Zoni Tiba di Lokasi Akad Nikah Pakai Kereta Kuda

Pasangan selebriti Ammar Zoni dan Irish Bella resmi mengakhiri masa lajang. Acara akad nikah kedua mempelai digelar di Pine Hill, Cibodas, Kabupaten Bandung Barat, Minggu, 28 April 2019.

Saat mengucapkan janji suci, Ammar Zoni kesulitan menyebut nama ayah Irish Bella, sehingga diulang untuk kedua kalinya. Beruntung pada sesi kedua, Ammar Zoni lancar dan tak mengalami kendala. Ini beritanya.