Isu Gerindra Masuk Koalisi Jokowi dan Andhika Kangen Band Jualan Beras

Megawati Soekarnoputri Bertemu Prabowo Subianto
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Berita Politik Indonesia masih paling banyak dicari pembaca VIVA sepanjang Kamis, 25 Juli 2019. Pembaca masih penasaran dengan kabinet baru Jokowi setelah adanya pertemuan antara Prabowo Subianto dengan Megawati Soekarnoputri, Rabu.

Selain berita soal perebutan kursi menteri dan alur koalisi pendukung Joko Widodo dan Maruf Amin ke depan, ada berita lain yang tak kalah menarik dan dicari juga oleh pembaca, salah satunya kelanjutan kasus narkoba artis yakni komedian Nunung dan aktor Jefri Nichol. 

Berikut lima berita terpopuler VIVA, di antaranya: 

1. Isu Gerindra Gabung Koalisi Jokowi

Pertemuan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, dengan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, Rabu kemarin, memantik isu baru: akan ada tambahan partai di dalam koalisi pendukung pemerintahan Presiden Terpilih Joko Widodo dan Wakil Presiden Terpilih KH Ma'ruf Amin.

Penambahan partai politik baru untuk masuk di dalam koalisi pendukung pemerintah itu pun ditanggapi positif oleh pihak Istana. Istana membuka pintu besar-besar akan hadirnya anggota baru koalisi.

Beberapa hari sebelumnya, empat partai berkumpul yakni Golkar, Nasdem, PPP dan PKB. Pertemuan itu tanpa kehadiran PDIP, sehingga menimbulkan spekulasi lain. Apalagi, secara terang-terangan keempat partai itu menilai koalisi sudah cukup, dan pimpinan MPR pun harus dari koalisi pendukung pemerintah. Baca selengkapnya di sini

2. Kepala Daerah Jadi Tersangka Gara-gara Benih Padi


Munirwan, Kepala Desa Meunasah Rayeuk di Kabupaten Aceh Utara, Aceh, berhasil mengembangkan benih padi IF-8 yang telah berdampak positif terhadap petani di sejumlah desa di kabupaten setempat.

Selama pengembangan benih IF-8, para petani berhasil melakukan adaptasi. Benih itu dapat menghasilkan padi mencapai 11,9 ton per hektare. Dan merupakan keberhasilan yang luar biasa karena belum ada varietas padi yang mampu berproduksi sebanyak benih padi IF-8.

Namun yang dilakukan Munirwan ternyata dianggap ilegal oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh. Alasannya, benih itu tidak bersertifikat. Akhirnya ia dilaporkan kepada Kepolisian Daerah Aceh dan sudah ditetapkan tersangka atas penyaluran benih IF-8 yang tidak memiliki sertifikat. 

Baca selengkapnya di sini

3. Jumlah Anggota Dewan Perempuan Meningkat

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pramono Ubaid menyatakan, sejak Pemilu 2004 hingga 2019 jumlah keterwakilan perempuan di parlemen tingkat daerah hingga ke pusat terus meningkat. 

Menurut dia, kenaikan tersebut hasil dari penerapan Undang Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu yang secara teknis diturunkan dalam peraturan KPU, pada setiap pelaksanaan pemilu legislatif.

"Yang paling utama, ini hasil dari regulasi yang mengatur keterwakilan perempuan dengan dua norma, pertama sekurang kurangnya 30 persen di setiap dapil dan kedua, di setiap tiga calon sekurang-kurangnya satu calon perempuan," kata Pramono di kantornya, Jakarta, Kamis, 25 Juli 2019.

Baca selengkapnya di sini 

4. Andhika Kangen Band Jualan Beras

Andhika Mahesa eks Kangen Band menjajal menjadi pengusaha. Dia menjalankan bisnis beras di kampung halamannya di Lampung.

Awalnya, Andhika iba dengan teman-temannya yang menganggur. Oleh karena itu, Andhika membeli saham perusahaan beras tersebut.

"Pertama Rp60 juta, terus gue coba Rp80 juta, terus udah Rp100 juta. Ya Alhamdulillah, yang penting enggak nyuri dan enggak minta sama orang," katanya di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Rabu, 24 Juli 2019.

Dia bercerita bahwa lima orang temannya yang telah berkeluarga harus menganggur lantaran bosnya ditangkap karena kasus narkoba. Baca selengkapnya di sini


5. Kevin/Marcus Hancurkan Jagoan Japan Open

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon masih tampil perkasa di Japan Open 2019. Mereka baru saja menghancurkan ganda putra tuan rumah, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi di Musashino Forest Sport Plaza 3, Tokyo, Jepang, Kamis Legi, 25 Juli 2019.

Hebatnya, sang juara bertahan ini hanya membutuhkan waktu kurang dari setengah jam untuk menundukkan perlawanan lawan.

Meski berada di bawah tekanan suporter tuan rumah, The Minion tampil ganas sejak gim pertama dimulai. Takuro/Yugo terus ditekan sepanjang pertandingan dengan serangan cepat.


Baca selengkapnya di sini