Tangkuban Perahu Erupsi, Jokowi Restui Gibran dan Polisi Ditembak

Wisata alam Tangkuban Perahu.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tak ada angin tak ada hujan, Gunung Tangkuban Perahu yang berlokasi di Kabupaten Bandung, Jawa Barat tiba-tiba erupsi.

Gunung tersebut mengeluarkan awan letusan dengan ketinggian mencapai 200 meter pada Jumat, 26 Juli 2019, sekitar pukul 15.48 WIB. Pihak berwenang mengaku sudah memprediksi sejak 10 hari lalu.

Kekagetan publik membuat berita soal letusan Tangkuban Perahu langsung naik ke peringkat pertama berita terpopuler di VIVA hanya dalam waktu 30 menit setelah berita tayang. Sebelum terjadi letusan Tangkuban Perahu, berita terpopuler di VIVA masih dirajai oleh peristiwa penembakan polisi Bripka Rahmat Effendi yang dilakukan oleh sesama polisi.

Meletusnya Tangkuban Perahu menggeser berita soal penembakan Bripka Rahmat Effendi, di mana pelaku penembakan terancam hukuman mati. Bripka Rahmat Effendi ditembak oleh rekannya sesama anggota polisi.

Menggunakan pistol berjenis SH 90, pelaku melepaskan tembakan hingga tujuh kali. Bripka Rahmat Effendi tewas di lokasi kejadian di Polsek Cimanggis. 

Kasus yang terjadi pada Kamis malam, 25 Juli 2019, menyedot perhatian pembaca VIVA. Tiga berita tentang penembakan Bripka Rahmat Effendi masuk dalam jajaran berita terpopuler.

Selain itu, berita tentang restu yang diberikan oleh Joko Widodo kepada Gibran Rakabuming Raka, anak pertamanya yang selama ini mengelola katering Chili Pari, untuk menjadi wali kota Solo juga menarik perhatian pembaca. Berita ini langsung menyodok posisi kedua dalam berita terpopuler VIVA. 

Berita terpopuler lain yang menarik perhatian pembaca adalah pertandingan bulutangkis Japan Open 2019. Tragedi Indonesia Open 2019 di Senayan, di mana raja bulutangkis China tersisih di babak awal ternyata terulang di Jepang.  

Di turnamen BWF World Tour Super 750 ini, tak ada satu pun tunggal putra China yang melaju ke babak penentuan, semuanya keok di babak 32 besar.

Selain empat berita tersebut, berita lain yang membuat pembaca VIVA tertarik menikmatinya adalah terkait operasi tangkap tangan (OTT) yang kembali dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kali ini, OTT menyasar pejabat di Pemerintah Kabupaten Kudus.

Berikut berita-berita yang mampu menarik perhatian pembaca VIVA pada Jumat, 26 Juli 2019:

1. Erupsi Gunung Tangkuban Perahu Sudah Diprediksi 10 Hari Lalu

Gunung yang berlokasi sekitar 20 kilometer dari kota Bandung tersebut meletus tanpa gejala khusus pada Jumat sore, 26 Juli 2019, sekitar pukul 15.48 WIB. Dari beberapa video yang amatir terlihat pengunjung berlarian menjauh dari lokasi letusan.

Tapi ternyata gejala letusannya sudah diprediksi sejak 10 hari yang lalu. Anda bisa membaca penjelasan ahli melalui laman ini. 

2. Jokowi Restui Gibran Maju Jadi Calon Wali Kota Solo

Setiap orangtua akan merestui langkah yang diambil anaknya. Begitu pula Presiden Jokowi. Gibran Rakabuming Raka masuk dalam survei calon Wali Kota Solo periode 2020-2025. Bahkan, dari hasil survei itu tingkat popularitas bos Markobar mengimbangi Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo.

Seperti apa restu yang disampaikan Presiden Jokowi pada Gibran, Anda bisa menikmatinya melalui laman ini.

3. Penembakan di Polsek Cimanggis, Brigadir RT Terancam Hukuman Mati

Penembakan sadis yang menimpa Bripka Rahmat Effendi terus menjadi pembicaraan. Penembakan ini terjadi di tempat Bripka Rahmat Effendi bertugas, yaitu di Polsek Cimanggis. Dan semakin ironis karena pelakunya adalah sesama anggota polisi, yaitu Brigadir RT.

Kepala Korps Kepolisian Perairan dan Udara Baharkam Polri, Irjen Zulkarnain, menegaskan pihaknya bakal melakukan proses hukum secara tegas kepada terduga pelaku. Zulkarnain mengatakan, karena menghilangkan nyawa orang lain, maka pelaku bisa terancam hukuman seumur hidup. Pasal apa saja yang menjerat pelaku, silakan dibaca melalui tautan ini. 

4. Tragedi Senayan Terulang di Jepang, Semua Raja Bulutangkis China Keok

Tragedi Istora Senayan, Jakarta, terulang lagi di Japan Open 2019. Seluruh raksasa-raksasa tunggal putra China, bertumbangan tanpa bisa mencapai ke puncak turnamen. Empat pemain tunggal putra China tekuk lutut meski pertandingan masih 32 besar.

Siapa saja yang tersisih, dan bagaimana mereka tersisih? Anda bisa membacanya di link ini.

5. KPK OTT di Pemkab Kudus

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. OTT kali ini diketahui diawali dengan penyegelan dua ruangan di Pemkab Kudus.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah dikonfirmasi awak media, Jumat, 26 Juli 2019 pun membenarkan. "Tadi saya cek, ada penyegelan di beberapa lokasi. Benar itu tim KPK ada kegiatan penindakan di sana," kata Febri.

Lokasi-lokasi mana saja yang disegel, Anda dapat membacanya di link ini.