Energi Besar Gempa Banten, Ayu Ting Ting hingga Jejak Emas Bulutangkis

Ayu Ting Ting dan Ivan Gunawan
Sumber :
  • Instagram Ivan Gunawan

VIVA – Gempa bumi dengan magnitudo 6,9 mengguncang daerah Sumur, Pandeglang, Banten, Jumat, 2 Agustus 2019, pukul 19.03 WIB. 

Gempa kuat itu turut dirasakan warga di sejumlah daerah lain di luar Banten. Di antaranya, Jakarta, Jawa Barat hingga Yogyakarta. Berdasarkan rilis awal, kekuatan Gempa Banten bermagnitudo 7,4 sebelum dimutakhirkan menjadi 6,9. 

Pegiat kebencanaan, Ma'rufin Sudibyo mengatakan dengan magnitudo awal tersebut, Gempa Banten melepaskan energi yang besar. 

Berita tentang gempa Banten menjadi berita terpopuler yang banyak dibaca pembaca VIVA, Sabtu, 3 Agustus 2019.

Kabar lainnya yang menarik perhatian pembaca datang dari dunia selebritis. Artis Ivan Gunawan menggelar drama musikal Live on Stage Story of My Life, di Jakarta.

Dalam salah satu segmen drama itu, muncul nama Ayu Ting Ting. Adalah ibunda Ivan yang mencuatkan nama itu ketika menjawab pertanyaan Ruben Onsu, soal pilih Bangkok atau Depok. 

Kemudian, berita yang juga tak kalah membesut animo pembaca yaitu dari jagad sepakbola. Kabar yang menarik tentang Bek Leicester City, Harry Maguire. 

Dia selangkah lagi akan resmi bergabung dengan Manchester United (MU). Bergabungnya Maguire dipercaya bakal makin mengkokohkan skuat Setan Merah.

Berikut ini lima berita terpopuler yang paling menarik perhatian pembaca, Sabtu, 3 Agustus 2019:

1. Energi Gempa Banten Setara 95 Kali Bom Nuklir Nagasaki

Gempa Banten bermagnitudo 6,9 mengguncang beberapa wilayah di Jabodetabek, Bandung, Bengkulu sampai Yogyakarta pada Jumat, 2 Agustus 2019. Pada awal setelah gempa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengingatkan kepada warga potensi tsunami. 

Untungnya, tsunami tak terjadi dan beberapa jam selepas pemberitahuan Gempa Banten itu, BMKG mencabut peringatan dini tsunami. 

Menurut rilis awal, kekuatan Gempa Banten bermagnitudo 7,4 sebelum dimutakhirkan. Pegiat kebencanaan, Ma'rufin Sudibyo mengatakan dengan magnitudo awal tersebut, Gempa Banten melepaskan energi yang besar.  Simak berita selengkapnya di sini.

2. Ibu Ivan Gunawan Restui Ayu Ting Ting

Artis Ivan Gunawan menggelar drama musikal Live on Stage Story of My Life di salah satu pusat perbelanjaan di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Dalam salah satu segmen Ruben Onsu dan Ivan Gunawan duduk di atas sebuah kasur. Pada segmen tersebut, nama Ayu Ting Ting menjadi perhatian.

Ruben bertanya siapa yang menjadi cinta sejati dari Ivan Gunawan saat ini. Secara tegas ia langsung menjawab sang ibu menjadi cinta sejatinya. Baca berita selengkapnya di sini.

3. Maguire Merapat, Begini Formasi Ideal Pilihan MU

Bek Leicester City, Harry Maguire selangkah lagi akan resmi bergabung dengan Manchester United (MU). Bergabungnya Maguire dipercaya bakal makin mengkokohkan skuat Setan Merah.

Di bawah kendali manajer Ole Gunnar Solskjaer, armada kebanggaan Old Trafford siap menatap persaingan Premier League musim ini, yang bakal dibuka pada 10 Agustus 2019 mendatang.

Membedah komposisi skuat MU lini per lini cukup menarik perhatian mengingat ada beberapa perubahan yang dilakukan dari musim lalu. Simak berita selengkapnya di sini.

4. Leo Rolly Carnando, Jejak Emas Masa Depan Bulutangkis Indonesia

Skuat bulutangkis Indonesia kembali sukses mendulang gelar dari ajang berlabel Asian Junior Championships (AJC) pada 20-28 Juli 2019 lalu di kota Suzhou, China.

Meski hanya menjadi runner up pada nomor tim beregu, namun armada Merah Putih mampu membawa pulang 2 gelar di nomor perorangan, ganda putra dan ganda campuran.

Dan sosok yang jadi sorotan atas capaian tim muda bulutangkis Merah Putih tersebut tentunya adalah pemain muda asal klub PB Djarum Kudus, Leo Rolly Carnando. Baca berita selengkapnya di sini.

5. 1.200 Orang Mengungsi Usai Gempa 6,9 SR Guncang Banten 

Sekitar 1.200 orang mengungsi akibat gempa berkekuatan 6,9 SR. Mereka trauma dengan tragedi tsunami Selat Sunda pada 22 Desember 2018 lalu.

Sekitar 500 warga Kecamatan Sumur, Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Banten, masih mengungsi di hunian sementara (huntara), yang dibangun oleh pemerintah bagi korban tsunami 22 Desember 2018.

"Warga masih khawatir. Alhamdulillah dibantu sama BPBD," kata Endin Haerudin, Camat Sumur, melalui sambungan selulernya, Sabtu, 3 Agustus 2019. Simak berita selengkapnya di sini.