Naskah Pidato Pak Nadiem, EXO, hingga Menpora Malaysia Minta Maaf

Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Syed Saddiq (belakang)
Sumber :
  • Instagram/@syedsaddiq

VIVA – Jelang akhir tahun, hawa santai dan liburan mulai terasa. Salah satunya pembalap Jorge Lorenzo yang sudah memulai masa liburannya. Jorge memilih Bali sebagai destinasi wisatanya kali ini.

Akhir pekan juga jadi waktu santai para penikmat musik. Sabtu kemarin, ada festival musik 90-an dan konser EXO yang digelar di Jakarta. Keseruan para penikmat musik dan liburan Jorge jadi beberapa topik populer di VIVA sepanjang kemarin.

Selain itu, ketegangan antara Indonesia dan Malaysia juga masih jadi sorotan. Polemik kisruh tindak penganiayaan suporter Indonesia oleh para pendukung tim nasional Malaysia, mulai memasuki babak baru. Kali ini, Menpora Malaysia akhirnya minta maaf.

Tak kalah ramainya, naskah pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim yang dirilis jelang Hari Guru. Isi pidato mantan CEO Gojek itu langsung jadi sorotan, seperti apa?

Berita-berita tersebut kami rangkum dalam edisi round up Sabtu, 23 November 2019 berikut ini.

1. Serunya Gaya Liburan Jorge Lorenzo di Pulau Dewata

Pembalap asal Spanyol, Jorge Lorenzo,  menikmati masa liburannya usai melakoni musim balap MotoGP 2019. Penggawa skuat Repsol Honda tersebut unggah momen liburannya bersama rekan-rekan di Kudeta Bar and Restaurant, Kuta, Bali hanya dengan caption singkat, "first night".

Nikita Mirzani pun tampak bertemu dengan sang pembalap. Ia pamer momen pertemuannya dengan Jorge. Intip keseruan Jorge Lorenzo di Bali, di sini.

2. Imigrasi Hong Kong Tolak Ustaz Riza Muhammad

Dua tahun lalu, Ustaz Abdul Somad ditolak masuk ke Hong Kong oleh pihak imigrasi setempat. Kini, hal serupa dialami Ustaz Riza Muhammad. Melalui akun Instagram pribadinya, @ustdzrizamuhammad, dikutip Sabtu 23 November 2019, Riza menceritakan kronologinya.

“Assalamualaikum, mohon doanya, saya tertahan di imigrasi hongkong terancam di pulangkan dan tidak bisa ceramah di hongkong tanpa alasan yg jelas,” tulisnya. Baca selengkapnya di sini.

3. Naskah Pidato Hari Guru Pak Nadiem Jadi Viral di Media Sosial

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim sudah menyiapkan naskah untuk berpidato di Hari Guru, yang akan jatuh pada Senin 25 November 2019. Sebelum pidato itu dibacakan, Kemendikbud sudah mengunggahnya di laman resmi maupun media sosial mereka. 

Seperti dikutip dari Twitter @Kemendikbud_RI, Sabtu 23 November 2019, dalam pidato itu, Nadiem tidak mau mengumbar kata-kata inspiratif dan retorik. Ia justru ingin bicara apa adanya, dari hati yang paling dalam. Berikut isi lengkapnya.

4. Gemes! Baekyun Pakai Blangkon sambil Sarungan, Peci Chanyeol Kebalik

Suho, Sehun, Chanyeol, Baekhyun, Chen, dan Kai menyapa penggemarnya dalam EXO Planet #5 EXplOration di ICE BSD, Sabtu, 23 November 2019. Selama 2,5 jam, EXO membawakan lebih dari 20-an lagu.

Konser berlangsung penuh momen menarik dan menggemaskan dari para personel EXO. Salah satunya momen ketika Chanyeol dan Baekhyun bergaya dengan pakaian tradisional Indonesia. Gimana potretnya? Ini dia.

5. Usai Sebut Hoax, Menpora Malaysia Akhirnya Minta Maaf

Polemik kisruh tindak penganiayaan suporter Indonesia oleh para pendukung tim nasional Malaysia, mulai memasuki babak baru. Pasca memposting pernyataan tegas menyebut video penganiayaan suporter Indonesia adalah hoax, Menpora Malaysia, Syed Saddiq kini justru meminta maaf.

Dalam unggahan terbaru di akun media sosialnya, Syed Saddiq akhirnya mau meminta maaf atas kejadian buruk yang membuat geram bangsa Indonesia. Ini berita selengkapnya.