viva.co.id

  • Rabu, 30 Mei 2018 | 21:11 WIB
  • Iqbaal Ramadhan Masuk Nominasi IMA Awards 2018

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Maria Margaretha Delviera
Photo :
  • instagram.com/falconpictures_
Dilan 1990.

VIVA – Tahun ini Indonesian Movie Actors Awards kembali digelar untuk ke-12 kalinya. Berbeda dari tahun sebelumnya jumlah film yang terdaftar tahun ini bertambah dari 47 film menjadi 61 film. 

Film-film tersebut adalah film produksi Indonesia yang dirilis baik di dalam maupun luar negeri dalam periode mulai 1 Maret 2017 sampai 27 Februari 2018. Di antaranya ada Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak, Posesif, Dilan 1990, Susah Sinyal, serta Pengabdi Setan.

Untuk itu sejumlah juri yang menyeleksi nominasi juga bertambah menjadi tujuh orang dari yang sebelumnya lima. Mereka adalah Lukman Sardi, Salman Aristo, Marsha Timothy, Robert Ronny, Ifa Isfansyah, Ario Bayu dan Marcella Zalianty sebagai ketua.

Dewan juri yang merupakan praktisi film tersebut memiliki indikator penting agar penilaian tetap subjektif. 

“Tahun ini lebih spesifik ada penilaian tertentu mengapa aktor aktris jadi yang terbaik dalam nominasi. Pertama tingkat kesulitan, kepercayaan, konsistensi dan kedalaman,” ujar Lukman Sardi dalam konfrensi pers pada Rabu 30 Mei 2018 di MNC Studio, Jakarta Barat.

Terdapat 17 kategori di IMA Awards 2018 yang terdiri dari delapan kategori terbaik berdasarkan pilihan juri, dan tujuh kategori favorit berdasarkan voting. Salah satunya adalah kategori pemeran pasangan favorit yang diperebutkan oleh Adipati Dolken-Putri Marino (Posesif), Iqbaal Ramadhan-Vanesha Prescila (Dilan 1990), Marsha Timothy-Dea Panendra (Marlina si Pembunuh Empat Babak), Ringgo Agus-Adinia Wirasti dan Teuku Wisnu-Yaya Unru (Night Bus).

“Sebenarnya ini kita mau beri apresiasi lebih khusus, karena utamanya untuk aktor bahwa untuk menjadi pasangan dalam film enggak mudah bangun chemistry dan kekompakan, terutama sampai penonton percaya dan terbawa pasangan ini. Enggak harus pacar atau suami istri tapi sahabat juga,” kata Marcella Zalianty.

IMA berbeda dengan ajang penghargaan sejenis karena fokus pada penghargaan untuk pemeran film.

“Yang membedakan IMA sama ajang sejenis, IMA ini spesifik untuk aktornya. Kenapa tujuh juri karena kita jaga kualitas menghargai pemain seni peran. Kalau ajang yang lain ada artistik, sisi film yang lain kalau kita khusus pemain,” ungkap Untung Pranoto selaku Vice President RCTI selaku penyelenggara.

Malam puncak IMA Awards 2018 akan dilaksanakan pada Rabu 4 Juli 2018 pukul 21.00 WIB dan disiarkan langsung dari Studio 14 MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta.
 

Terpopuler