Film Kado Wakili Indonesia di Sundance Film Festival

Film Kado Berhasil Tampil di Sundance Film Festival
Sumber :
  • Laras Devi Rachmawati/VIVA

VIVA – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kali ini memberikan dukungannya pada Miles Films sebagai satu-satunya perwakilan Indonesia di Sundance Film Festival 2019 di Utah, Amerika Serikat. Rencananya, acara yang akan dilakukan pada 24 Januari  hingga 3 Februari 2019 tersebut, Miles Films akan melakukan screening film Kado (A Gift).

Sundance Film Festival merupakan top five Internasional film festival.  Diharapkan keikutsertaan Indonesia dalam festival film bergengsi ini dapat menjadi pintu masuk kerjasama dengan Sundance Institute.

Triawan Munaf, selaku Kepala Bekraf, juga berharap agar film tersebut bisa mendapatkan sambutan yang bagus dalam festival film paling dihormati di Amerika Serikat tersebut.

"Berharap agar (film) Gift mendapat sambutan yang bagus di Sundance. Mudah-mudahan mendapat satu sambutan yang lebih dari kita harapkan," ujarnya saat berada di CGV FX Sudirman, 21 Januari 2019.

Sebelumnya, film Kado yang disutradarai oleh Aditya Ahmad ini juga menjadi salah satu penerima dukungan untuk tampil di Venice International Film Festival (IFF) dan menjadi pemenang Film Pendek Terbaik - Orizzonti 75 Venice IFF serta berbagai perhatian positif dari penonton internasional.

Mira Lesmana, sebagai produser dalam film Kado turut mengungkapkan rasa bahagianya sekaligus kebanggaan, karena berhasil menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia dalam festival film tersebut.

"Film Kado sudah melakukan banyak perjalanan. Karena (Sundance Institute) menjadi American Premier pertama kali diputar di Amerika dan sangat dihormati di dunia. Ini sangat membanggakan sekali. Jadi ini menjadi semacam keberhasilan sendiri buat kami," kata Mira.

Mira juga menyampaikan bahwa kerjasama dengan Sundance Institute bisa dilakukan untuk program Episodic Storytelling, Creative Producing, dan Creative Distributikn Initiatives. Episodic Storytelling merupakan workshop selama enam hari di Sundance Resort, Utah bagi penulis skenario untuk membuat original pilot script.

Creative Producing mencakup serangkaian lab, fellowship, dan kegiatan sepanjang tahun, serta memperbaharui komunitas produsen untuk mempertahankan semangat film independen. Sedangkan Creative Distribution Initiatives bertujuan memberdayakan pembuat film untuk menavigasi bisnis film independen. (fin)


-