Film Korea Selatan 'Parasite' Raih The Palme d'Or di Cannes 2019

Sutradara Korea Selatan, Bong Joon-ho
Sumber :
  • theguardian

VIVA – The Palme d'Or, hadiah utama di Festival Film Cannes, dianugerahkan untuk film Parasite, sebuah film yang berisikan sindiran pedas dari sutradara Korea Selatan, Bong Joon-ho.

"Aku tidak pernah membayangkan ini," kata Bong saat menerima penghargaan, Sabtu, 25 Mei 2019 waktu setempat. Ini adalah pertama kalinya film Korea Selatan memenangkan Palme d'Or. 

Sylvester Stallone, yang mendapat kehormatan di festival itu, mempersembahkan Grand Prix atau hadiah kedua, kepada pembuat film Prancis-Senegal yakni Mati Diop untuk debut film Atlantics. Ms. Diop adalah wanita kulit hitam pertama yang memiliki film di kompetisi utama.

Dilansir dari The New York Times, Minggu, 26 Mei 2019, upacara penghargaan berlangsung cepat dan nyaris tanpa kekurangan. Juri kompetisi utama dipimpin oleh sutradara Meksiko Alejandro Gonzalez Inarritu, mengatakan dari atas panggung bahwa ketika "demokrasi menghilang" juri masih sangat demokratis.

Sementara sutradara Prancis Celine Sciamma memenangkan penghargaan kategori skenario terbaik untuk film Portrait of a Lady on Fire.

Kategori Aktris terbaik diraih oleh Emily Beecham, dalam film Little Joe, sebuah film dari sutradara Austria Jessica Hausner. Kemudian, untuk aktor terbaik dimenangkan oleh Antonio Banderas, dalam film Pain and Glory.

Salah satu kejutan terbesar adalah sutradara terbaik, yang diberikan kepada pasangan saudara asal Belgia, Luc dan Jean-Pierre Dardenne dalam film Young Ahmed.