Curhat Robert Downey Siap Move On dari Iron Man

Robert Downey Jr.
Sumber :
  • Marvel Studios

VIVA – Aktor Robert Downey Jr. bicara soal bagaimana dia akan menjalani kariernya setelah melepas jubah besi Iron Man. RDJ menutup perjalanannya bersama Marvel sebagai Tony Stark dalam Avengers: Endgame yang tayang April lalu.

"Aku punya 10 tahun yang sangat luar biasa dan secara kreatif, sangat memuaskan. Itu adalah kerja yang sangat sangat sangat keras dan aku menggalinya sangat dalam," katanya dalam wawancara Off Camera bersama fotografer/sutradara Sam Jones, yang dilansir The Hollywood Reporter.

Namun selama itu pula, RDJ mengungkap, banyak hal yang ingin dia eksplor lagi, baik dalam karier maupun kehidupan pribadinya. RDJ pun mengaku sadar, 10 tahun memainkan karakter yang sama membuatnya susah lepas dari sosok Tony Stark. Dia juga mengerti mengapa fans sangat mengidentikkan dirinya dengan Tony Stark.

"Dengan menciptakan, kerja sama, bersinergi dengan Tony Stark dan Marvel Universe, dan menjadi pria yang baik bagi perusahaan, tapi juga sedikit eksentrik, kreatif, lalu masuk ke semua kemitraan ini, ada kalanya ketika pemilik memang mulai mirip seperti hewan peliharaannya," ujar RDJ.

Selama perjalanan kariernya tersebut, RDJ pun belajar pentingnya memisahkan diri dari karakter yang ia mainkan. Aktor 54 tahun ini menyebut, jarak estetika adalah konsep yang ia pelajari selama berada dalam dunia seni peran.

"Aku bukan pekerjaanku. Aku bukan apa yang aku lakukan dengan studio itu. Aku bukan lama waktu yang aku habiskan untuk memerankan karakter ini. Rasanya menyebalkan, karena setiap bocah dalam diri kita ingin seperti, "Tidak! Ini akan selalu jadi perkemahan di musim panas dan kita semua berpegangan tangan, menyanyi kumbaya. Bukankah begitu?' Rasanya seperti, 'Tidak, Sadarlah!'" katanya.

Setelah sukses jadi Iron Man, Robert Downey Jr. pun mengaku siap kembali dengan karakter-karakter lain di masa depan. Dia mengatakan menantikan dan menikmati transisi perjalanan kariernya saat ini. Januari mendatang, RDJ akan muncul di film The Voyage of Doctor Dolittle dan Sherlock Holmes 3 pada Desember 2021. (ren)