The Exocet, Kisah Legenda Tinju Ellyas Pical

Konferensi pers The Exocet
Sumber :
  • VIVA/Wahyu Firmansyah

VIVA – Kisah legenda tinju Tanah Air, Ellyas Pical akan diangkat menjadi sebuah film berjudul The Exocet. Keberhasilan Ellyas Pical merebut juara dunia IBF merupakan masa kejayaan tinju di Indonesia.

Perjalanan menuju juara itu akan diceritakan dalam film ini, yakni perjuangan Ellyas menggeluti dunia tinju dari tahun 1973 hingga 1985. The Exocet sendiri merupakan julukan yang diberikan kepada Ellyas karena kecepatan dan kekuatan pukulannya.

Film yang disutradarai oleh Robby Ertanto ini akan memulai proses syutingnya pada 24 Juli 2019. Robby mengaku telah menunggu film ini diproduksi sejak tahun 2011.

"Penantian yang cukup panjang setelah 2011, 2019 ini kita akan syuting day one 24 Juli. Senang proses yang panjang banget kita fight karya ini akan difilmkan," kata Robby di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 15 Juli 2019.

Film ini akan diambil di tiga lokasi, yaitu Jakarta, Maluku, dan Korea. Sementara para pemain yang terlibat tidak asing lagi, di antaranya Jefri Nichol, Chicco Jerikho, Ridho Hafiedz, Vino G.Bastian, Lukman Sardi, Amanda Soekasah, Laura Basuki, Jeremy Thomas, dan Olga Lydia.

Jefri Nichol yang akan memerankan Ellyas telah berlatih tinju sejak tiga bulan lalu. Dia berlatih bersama dengan petinju profesional di Bulungan, Jakarta Selatan.

"Yang pertama saya coba untuk mengolah rasa sebagai petinjunya sih. Daya latihan hampir tiga bulan bersama para petinju di Bulungan, bercengkrama sama mereka, sempet tidur juga di sana," ujar Jefri.

Untuk lebih menjiwai sebagai petinju, Jefri juga menurunkan berat badannya dengan mengikuti pola latihan dan makan petinju. Dan meski tidak sama, dia tetap berusaha untuk terlihat seperti Ellyas.

"Menurunkan berat badan juga dengan olahraga dan pola makan petinju, beda. Petinju yang asli bisa lari 20 kilometer lebih dalam sehari dan turun 3 kilogram dalam sekali lari. Itu gila banget sih. Walaupun aku enggak sampai selevel itu, aku mencoba untuk mencapai ke sana," tuturnya.