Tayang Hari Ini, Lihat Sisi 'Lain' dari Iko Uwais di Film Stuber

Iko Uwais.
Sumber :
  • 20th Century Fox

VIVA – Film garapan 20th Century Fox bertajuk Stuber resmi tayang serentak di seluruh bioskop Indonesia hari ini, Rabu, 24 Juli 2019. Bergenre aksi-komedi, film ini dibintangi oleh aktor laga tersohor, Iko Uwais.

Ia beradu akting dengan bintang Guardian of The Galaxy yakni Dave Bauatista yang memerankan tokoh Drax dan Kumail Nanjiani yang dikenal lewat film Men in Black: International.

Film berdurasi 93 menit ini menceritakan tentang seorang detektif bernama Vic (Dave Bautista) yang selama bertahun-tahun mengincar gembong narkoba berbahaya, Tedjo (Iko Uwais). Ia sangat ingin menjebloskan kriminal tersebut ke dalam penjara. Meski umur telah menua dan badannya tidak sebugar sedia kala, Vic masih bertekad untuk menangkap Tedjo. 

Suatu ketika, Vic mendapat informasi bahwa Tedjo mulai melakukan pergerakan, dengan melakukan transaksi narkoba. Nantinya, akan ada sebuah ‘insiden’ yang membuat Vic tidak bisa mengendarai mobil dan memiliki dendam kusumat terhadap Tedjo. Akhirnya, ia meminta bantuan anak perempuannya untuk menyewa jasa kendaraan online, Uber. Mobil yang ditumpangi, dikendarai oleh Stu (Kumail Nanjiani). 

Menuju akhir film, akan muncul sebuah plot twist yang tidak disangka-sangka. Vic, yang tujuan awalnya memang ingin meringkus Tedjo, tidak masalah jika harus melawan oknum-oknum yang menghalangi misinya. Tapi bagaimana dengan nasib Stu, yang hanya seorang super Uber tapi tidak sengaja terlibat?

Porsi antara aksi dan komedi dalam ini cukup seimbang. Banyak adegan laga yang ditampilkan. Penonton bisa menyaksikan pertarungan antara Iko dan Dave, yang notabene memiliki fisik yang berbeda.

Seperti diketahui, Dave merupakan mantan pegulat WWE dan memiliki tubuh bak binaragawan. Sementara Iko, memiliki tubuh yang lebih kecil. Apakah bisa Iko lolos dari hantaman Dave dalam film Stuber? atau justru Dave yang malah kalah?

Sedangkan Kumail, yang berperan sebagai Stu bertanggung jawab atas humor yang disuguhkan dalam film. Ia mampu menghidupkan suasana yang awalnya tegang menjadi lucu dan kemudian kembali lagi ke awal.

Candaan dan lelucon yang dilontarkan pun tidak basi, justru bisa membuat penonton tertawa terbahak-bahak. Apalagi, dalam film ini, Kumail diceritakan tidak memiliki kemampuan bela diri sama sekali sehingga ia terus bersembunyi di balik tubuh besar Dave. 

Meski digadang-gadang sebagai film aksi-komedi, adegan laga dalam film ini patut diperhitungkan. Kehadiran Iko, yang mana ia juga bertindak sebagai koreografer seluruh adegan laga dalam film Stuber, terlihat sadis dan membuat merinding.

Suami Audy Item ini akan menunjukkan sisi lainnya yang tidak pernah ditampilkan dalam film lain, dengan muka garang lengkap dengan tato di wajah dan rambut pirang. Pada beberapa adegan, muka Iko dapat berubah drastis, layaknya seorang psikopat. 

Tidak melulu berfokus pada aksi dan komedi, ada pula unsur percintaan, persahabatan, dan drama keluarga dalam film. Tokoh Stu diceritakan jatuh hati pada sahabatnya sendiri bernama Becca (Betty Gillpin). Kemudian, konflik keluarga antara Vic dengan anak perempuan semata wayangnya, Nicole (Natalie Morales). 

Alur cerita dalam film Stuber memang klise, tentang polisi berhati baik yang ingin memberantas kejahatan. Tapi, patut untuk ditonton karena pengembangan masing-masing tokoh sangat menarik. Film ini cocok ditonton oleh remaja hingga dewasa. Namun, harus berhati-hati jika ingin mengajak anak kecil untuk menonton film ini lantaran adanya beberapa adegan laga yang cukup kejam.  (zho)