Khofifah Sambut Kru serta Bintang Film Bumi Manusia dan Perburuan

Kru dan pemain Bumi Manusia dan Perburuan bersama Gubernur Jawa Timur, Khofifah.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal (Surabaya)

VIVA – Para kru film Bumi Manusia dan Perburuan bersilaturahmi dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis, 8 Agustus 2019. Di gedung bersejarah itu, mereka beramah-tamah sekaligus kulonuwun sebelum acara nonton bareng gala premier dua film tersebut di XXI Sutos pada Jumat, 9 Agustus 2019.

Menumpangi bus dan mobil pribadi, seratusan kru dan pemain film hadir di Grahadi. Terlihat di lokasi, di antaranya, sang sutradara Hanung Bramantyo dan istrinya, Zaskia Adya Mecca, aktor senior Indro Warkop DKI dan Christine Hakim, pemeran Minke dalam Bumi Manusia, Iqbaal Ramadhan, dan bintang Perburuan, Adipati Dolken.

Hanung mengatakan, dua film yang diambil dari novel karya Pramoedya Ananta Toer itu sengaja diputar pertama kali di bulan Agustus karena bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI ke-74. "Ini momen yang pas untuk kita kembali merenung. Merayakan itu kan merenung," katanya.

Perenungan yang dimaksud ialah membaca seperti apa Indonesia saat ini dalam kacamata Bumi Manusia dan Perburuan Pramoedya. Menurut Hanung, bagi kalangan milenial, film besutannya itu juga bisa menjadi bahan perenungan dan penumbuh semangat nasionalisme.

Gubernur Khofifah mengatakan bahwa nilai yang bisa diambil dari dua film ini adalah semangat kesetaraan dan tumbuhnya kepercayaan diri sebagai bangsa. "Saya sering mengatakan, eh, jangan kita itu punya jiwa inlander," katanya.

Tonton wawancara dengan bintang utama Bumi Manusia dan Perburuan pada video di bawah ini.