Livi Zheng Kaget Jadi Kontroversi: Kok, Enggak Bahas Karya Saya

Livi Zheng
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nuvola Gloria

VIVA – Sosok Livi Zheng masih bikin penasaran publik. Sutradara asal Blitar itu memang jadi sorotan lantaran kerap mengklaim karyanya masuk festival internasional dan penghargaan film bergengsi dunia.

Livi Zheng kembali jadi perbincangan panas di media sosial setelah muncul dalam acara Q&A di Metro TV dengan tema Belaga Hollywood pada Minggu malam, 1 September 2019. Dalam program tersebut, Livi Zheng dipertemukan dengan Joko Anwar, Andi Bachtiar Yusuf, John de Rantau, kritikus film Adrian Jonathan Pasaribu, aktris Nadine Alexandra, dan penulis Maman Suherman.

Salah satu yang mencuri perhatian ketika John de Rantau mengatakan bahwa dia mendengar banyak soal Livi Zheng, namun tentang kontroversinya, bukan karyanya. Sutradara Dilarang Menyanyi di Kamar Mandi itu menyebut, pemberitaan tentang Livi Zheng lebih besar di dirinya sendiri, bukan karyanya.

"Seharusnya kebalik, karyanya harus jauh lebih besar daripada orangnya," kata John kepada Livi.

Baca Juga: Joko Anwar Debat Livi Zheng yang Kukuh Filmnya Bersaing sama Avengers

Menanggapi hal tersebut, Livi Zheng tertawa kecil.

"Kalau di Amerika, New York Times, LA Times, itu karya saya yang dibahas. Nah, di sini saya juga kaget. Kok, enggak ngebahas karya saya, padahal filmnya sedang tayang," ujar sutradara Bali: Beats of Paradise ini.

John pun penasaran, bagaimana bentuk pembahasan yang dilakukan media Amerika. Dia sampai menanyakan, apakah karya Livi Zheng dibahas baik atau buruk.

"Kalau di Amerika, karya memang sering banget dikritik, contohnya Man of Steel. Jadi buat saya, sudah bisa dibahas LA Times, New York Times itu adalah sebuah kebanggaan. It's very normal," ujar Livi kemudian.

Livi Zheng juga mengakui jika dia sadar banyak kontroversi di media sosial terkait sosoknya sebagai sutradara. Soal hal tersebut, Livi mengatakan, sebenarnya dia bukan orang yang suka dengan kontroversi.

"Jadi memang lagi heboh, ya di media sosial atau pemberitaan. Kalau saya, sih orangnya enggak begitu suka dengan kontroversi ya," jawab Livi Zheng.

Dalam acara itu, Lulusan S2 sekolah film bergengsi di AS ini mencoba menjawab sejumlah kontroversi terkait dirinya, seperti soal klaim masuk seleksi nominasi Oscar dan film festival luar negeri lainnya. Penjelasan Livi Zheng soal sejumlah isunya ada di sini.