Yuk, Nonton Film Sambil Kulineran di Indonesian Eco Film Festival

Indonesian Eco Film Festival.
Sumber :
  • VIVA/Diza Liane Sahputri

VIVA – Festival film mengenai lingkungan hidup, Indonesian Eco Film Festival (IDEFF), untuk pertama kalinya digelar di Jakarta. Acara ini diselenggarakan di empat tempat, antara lain GoWork Coworking Space, GoFood Festival GBK, IFI (Pusat Kebudayaan Prancis) dan GO-Food Festival @Setiabudi One.

Berlangsung sejak tanggal 11 hingga 20 Oktober 2019 mendatang, terdapat 13 film terpilih dan empat film di antaranya diputar di Setiabudi One. Ada pun tema utama yang diangkat mengenai masalah lingkungan di Jakarta, seperti pengelolaan sampah termasuk plastik, pembuangan sampah sembarangan serta pemborosan sumber daya alam.

Ada pula masalah lainnya seperti konsumsi berlebihan serta alam dan flora fauna termasuk konservasi dan keanekaragaman hayati.

"Ada penayangan film mengenai masalah yang sering dihadapi di Jakarta melalui dokumenter Menata Pipa Air Jakarta. Kisahnya akan mengangkat mengenai salah satu sebab tenggelamnya Jakarta, beserta Cerdik Kelola Plastik dan Pulau Plastik," ujar Michael Arief Gunawan, festival director IDEFF di Jakarta, Kamis, 17 Oktober 2019.

Kata Michael, penonton juga dapat belajar dari pengalaman seorang warga Amerika Serikat yang meninggalkan kehidupan mewahnya untuk hidup sangat sederhana, demi mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan melalui film The Impact Man.

Kamu juga bisa melihat masa depan industri energi terbarukan beserta prospeknya melalui film Happening: A Clean Energy Revolution.

"Ini tidak hanya menjadi pengetahuan, tetapi juga memberikan inspirasi bagi mereka dan bagaimana mereka dapat berkontribusi dalam kehidupan sehari-hari untuk mengatasi masalah ini bersama," ucapnya.

Menariknya, terdapat film yang mengangkat topik industri peternakan. Film The Day & The Year bercerita tentang peternakan kambing dan domba di Austria. Digambarkan bahwa meski peternakan di sana berskala kecil, tetapi ramah lingkungan.

Keseruan tak berhenti di situ karena suguhan makanan dan minuman dapat dengan mudah dijangkau di GO-Food Festival. Duh, jadi enggak sabar ya ingin nonton film sambil kulineran di sini.

"Sambil menonton dan berdiskusi, pengunjung bisa menikmati sajian kuliner nikmat dari hingga 15 mitra merchant pilihan GO-Food Festival, mulai dari makanan berat hingga cemilan dan dessert lengkap tersedia," tambah VP Corporate Affairs Food Ecosystem Gojek, Rosel Lavina.