GKFP Digelar, Angkat Tema Semangat Kebhinekaan Generasi Milenial

Gelar Karya Film Pelajar (GKFP)
Sumber :
  • VIVA/Wahyu Firmansyah

VIVA – Gelar Karya Film Pelajar (GKFP) kembali diadakan. GKFP kali ini mengangkat tema, 'Semangat Kebhinekaan Generasi Millenial.' Acara ini diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm).
 
Direktur GKFP 2019, Reza Rahadian menganggap acara ini sebagai salah satu wadah untuk para pelajar menunjukkan kreativitas mereka dalam media video yang berbentuk film.

"Buat saya ini lebih punya arti ke mereka jadi pelajar-pelajar ini yang kreativitasnya juga luar biasa mereka setidaknya punya rasa kebanggaan tersendiri," kata Reza di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa, 22 Oktober 2019.

Acara puncak yang akan digelar pada tanggal 28 Oktober 2019 di Epicentrum, Jakarta Selatan ini bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, Reza memilih tanggal ini sebagai salah satu apresiasi untuk para peserta GKFP.

"Mereka punya kontribusi dalam karya-karyanya apa, karya yang membicarakan tentang keberagaman Indonesia. Jadi buat saya kenapa saya pilih tanggal 28 karena ini bentuk apresiasi kepada anak muda untuk mengapresiasi karya yang mereka buat jadi mereka setidaknya punya kebanggaan, di Sumpah Pemuda," katanya.

GKFP kali ini menghadirkan dua kategori film pendek yaitu film pendek dokumenter dan film pendek fiksi.

Sebelumnya telah terdaftar 217 sekolah terdiri dari 175 film pendek fiksi dan 36 film pendek dokumenter. Setelah diseleksi, yang lolos seleksi administrasi 126 sekolah terdiri dari 92 film pendek fiksi dan 34 film pendek dokumenter. 

Setelah masuk dalam seleksi tim ahli akhirnya menghasilkan 28 film pendek fiksi dan 22 film pendek dokumenter yang kemudian diseleksi kembali oleh tim juri sehingga menghasilkan nomine 15 film pendek fiksi dan 15 film pendek dokumenter yang akan memperebutkan 7 kategori pemenang: Film Pendek Fiksi Terpilih, Film Pendek Dokumenter Terpilih, Penyutradaraan Film Pendek Fiksi Terpilih, Penyutradaraan Pendek Dokumenter Tetpilih, Karya Penulisan Skenario Film Pendek Fiksi Terpilih, Karya penulisan Skenario Film Pendek Fiksi Terpilih, dan Karya Film Pilihan Juri.