Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 23 Oktober 2019 | 11:22 WIB

Lukman Sardi Sanjung Jiwa Patriotisme Susi Susanti

Team VIVA »
Adinda Permatasari
Wahyu Firmansyah
Foto :
  • Viva.co.id/Aiz Budi
Lukman Sardi

VIVA – Aktor Lukman Sardi ikut membintangi film Susi Susanti: Love All. Ia berperan sebagai MF Siregar yang merupakan Sekjen Pengurus Besar Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PB PBSI) yang juga mengantarkan Susi Susanti dan Alan Budikusuma meraih medali emas di Olimpiade Barcelona 1992.

Lukman Sardi menilai banyak pesan yang bisa diangkat dalam film ini, terutama bagaimana perjuangan Susi Susanti dalam meraih juara meski prosesnya tidak mudah.

Baca Juga

"Bagaimana seorang Susi Susanti mempunyai cita-cita dan dia berproses untuk akhirnya mencapai cita-cita itu. Prosesnya mungkin enggak smooth, naik dan turun, tapi dia jalanin sampai akhirnya berhasil," ujar Lukman Sardi di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

Ia juga menganggap ada jiwa patriotisme dalam diri Susi Susanti yang menjadi salah satu tujuan dari film ini. Susi yang pada saat itu merasakan sulitnya mendapatkan lisensi sebagai warga Indonesia tetapi disisi lain ia tetap berjuang untuk Indonesia melalui bulutangkis. 

Terpopuler

"Patriotisme dalam arti kata gini, seorang Susi Susanti yang kalau kita bilang keturunan Tionghoa di masa itu bukan masa yang mudah untuk keturunan Tionghoa walaupun dia sudah memberikan prestasi tapi ternyata tetap mendapatkan level warga negara yang kelas dua, bukan kelas satu," katanya.

Artinya, Susi tidak mendapatkan label khusus untuk darah keturunan yang ada padanya. Meski begitu, Susi tak berhenti berjuang untuk Indonesia. Bahkan, dalam momen sulit pun dia tetap menyatakan dirinya bahwa dia adalah orang Indonesia.

Susi Susanti: Love All mengangkat kisah dari legenda bulutangkis Indonesia Susi Susanti yang berjuang sejak kecil hingga dewasa. Perjuangan awal Susi masuk dalam PB Jaya hingga kemudian masuk pelatnas dan berjuang untuk mengharumkan nama Indonesia ini akan tayang pada 24 Oktober 2019 mendatang.

Topik Terkait
Saksikan Juga
TEST QUIZ: Seberapa Susi Susanti kah Laura Basuki?
SHOWBIZ - 18 hari lalu