Terkuak, Alasan Ben Affleck Tak Lanjut Sebagai Batman

Ben Affleck sebagai Batman
Sumber :
  • Warner Bros. Pictures

VIVA – Setahun setelah mengkonfirmasi kepergiannya dari The Batman, Ben Affleck akhirnya menjelaskan alasan sebenarnya mengapa dia keluar dari film tersebut. Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, aktor berusia 47 tahun tersebut berkata peran tersebut takut mengacaukan komitmennya.

Komitmen yang berkaitan dengan rehailitasi Affleck karena kecanduan alkohol. Affleck kemudian menunjukkan naskah tersebut kepada seserang. Naskah itu dipuji namun orang tersebut juga khawatir Affleck akan kembali meminum alkohol.

"Mereka berkata, 'Saya pikir naskahnya bagus. Saya juga berpikir Anda akan minum sampai mati jika Anda menjalani apa yang baru saja Anda lakukan," kata Affleck seperti dikutip dari AceShowbiz.

Baca juga: Penampakan Kostum Batman Robert Pattinson?

Affleck pertama kali membintangi sebagai pahlawan berkostum kelelawar itu melalui Batman v Superman: Dawn of Justice pada 2016. Pada tahun yang sama, ia jadi kameo di Suicide Squad dan mengulangi perannya dalam Justice League di 2017.

Dia mengundurkan diri sebagai sutradara dan penulis film The Batman pada tahun 2017. Lantas posisi itu diserahkan kepada Matt Reeves. Tetapi baru pada awal 2019 dia memastikan bahwa dia telah selesai memainkan Dark Knight. Reeves kemudian mengumumkan Robert Pattinson sebagai versi muda Bruce Wayne dalam filmnya yang akan datang.

Saat mendatangi acara Jimmy Kimmel tahun lalu, Affleck mengatakan kepada sang pembawa acara, dia meninggalkan proyek karena dia merasa akan berjuang untuk memerankan karakter dari buku komik yang ikonik tersebut.

"Saya coba menyutradari versi Batman ini dan telah bekerjasama dengan penulis naskah yang hebat, hanya saja saya terasa tidak maksimal melakukannya," kata Affleck.

Selama wawancara dengan New York Times, Affleck juga berbicara tentang pertempuran panjangnya dengan alkohol. Bintang The Way Back tersebut memuji sesama bintang Hollywood, Bradley Cooper dan Robert Downey Jr untuk membantunya dalam perjalanannya menuju ketenangan.

"Salah satu hal tentang pemulihan yang saya pikir orang kadang-kadang mengabaikan adalah fakta bahwa ia menanamkan nilai-nilai tertentu. Jujur. Bertanggung jawab. Bantu orang lain. Minta maaf saat anda salah," kata Affleck.