Terungkap Biaya Fantastis Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle

Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle.
Sumber :
  • REUTERS/Owen Humphreys

VIVA – Total tagihan biaya pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle akhirnya terungkap. Angka menunjukkan biaya sebesar 1,5 juta Poundsterling atau sekitar Rp29 miliar dikeluarkan oleh Departemen Digital, Budaya, Media, dan Olahraga Inggris.

Dilansir laman Express, Minggu 30 September 2018, pengeluaran pemerintah ini meliputi biaya bendera, banner, layar raksasa, pagar penghalang, dan pengelolaan sampah.

Diperkirakan, pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle, yang disaksikan oleh dua miliar orang di seluruh dunia, telah menelan dana hingga 32 juta Poundsterling atau sekitar Rp620 miliar. Pengeluaran terbesar ada pada keamanan, dengan pengamanan 'cincin baja' di sekitar Istana Windsor pada peristiwa bersejarah 19 Mei 2018.

Tapi, sebuah detail pengeluaran yang terungkap cukup menarik perhatian.

Biaya tersebut juga meliputi pengeluaran sebesar 232.810 Poundsterling atau sekitar Rp4,5 miliar untuk sistem yang menayangkan acara pernikahan itu dari dalam Gereja St George di Istana Windsor ke khalayak umum.

Biaya lain sebesar 1,08 juta Poundsterling atau sekitar Rp21 miliar dibayarkan Windsor dan dewan Maidenhead untuk melayani tamu, mengontrol kerumunan, layar besar, pembuangan sampah, penghalang, dan biaya terkait. Kontraktor swasta menerima pembayaran 128.714 Poundsterling atau sekitar Rp2,5 miliar.

Sementara pengeluaran dan perjalanan para staf menghabiskan dana 3.875 Poundsterling atau sekitar Rp75 juta. (ren)