Alasan Hamish Daud Jadi Pejuang Kelestarian Lingkungan

Hamish Daud.
Sumber :
  • Instagram.com/hamishdw

VIVA – Tak cuma terkenal sebagai aktor, Hamish Daud diketahui juga aktif mengampanyekan kelestarian lingkungan laut. Hamish pun aktif dalam organisasi kelestarian lingkungan laut, Indonesian Ocean Pride.

Keikutsertaannya dalam kampanye kelestarian lingkungan diakui suami Raisa ini agar generasi mendatang dapat menikmati keindahan alam. Selain itu, juga menikmati budaya lokal sekaligus merasakan manfaat ekonomi dari pariwisata.

"Kita harus tahu kekayaan alam Indonesia itu besar, Indonesia punya hutan yang padat dan memiliki laut yang luas, 1 meter di Raja Ampat itu setara dengan 1 km di Bahamas. Kita juga memiliki 1.800 spesies baru selama 20 tahun terakhir dan spesies endemik yang terdapat di Indonesia," kata Hamish dalam konferensi pers ISTA 2019 di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Senin malam, 18 Maret 2019.

Pejuang kelestarian lingkungan ini mengaku bersama dengan komunitasnya pernah mendatangi salah satu desa di Pulau Jawa. Bersama komunitasnya, dia berusaha mengubah persepsi dan pemahaman masyarakat untuk mencintai alam, agar alam memberikan kebaikan kepada mereka.

"Saya pilih desa Lebak Siu, kalau sayang alam ada benefit-nya. Kita buat master planning farming tahu di sana, sekarang benefit-nya tiga kali lipat. Untuk menjaga alam, kami juga mengolah ampas tahu itu menjadi pakan ternak," tuturnya.

Hamish mengatakan, berawal dari usaha tahu itu, kini desa tersebut semakin berkembang dan banyak yang merasakan manfaat nyata dari menjaga lingkungan.

"Saya lihat long term goals, memang susah mengubah pemikiran orang. Tapi sekarang desa Lebak Siu banyak orang yang pesan tahu di sana," ucapnya.

Tak hanya itu, warganya juga membuat organic farm rempah-rempah. Selain itu, ada juga area piknik dan mancing.