Saat Lebaran, Tak Ada Opor Ayam di Rumah Mandra

Mandra dan Munaroh
Sumber :
  • VIVA/Putri Dwi

VIVA – Ketupat sayur dan opor ayam menjadi santapan wajib, saat lebaran tiba. Namun, hal tersebut tidak dijumpai di keluarga Mandra, yang memiliki menu andalan tersendiri.

Menurutnya, soto tangkar menjadi hidangan wajib yang disantap oleh keluarga besarnya. Makanan khas Betawi itu sudah mendarah daging, sekaligus membuat suasana perayaan Idul Fitri semakin hidup.

“Kalau di rumah saya, orang mintanya soto tangkar. Kalau enggak ada itu, enggak berasa ada lebaran,” ujarnya saat ditemui di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis 6 Juni 2019.

Selain soto tangkar, makanan lain yang wajib ada saat lebaran di rumahnya adalah dodol, “Jangan lebaran dah, kalau enggak ada rasa itu. Kalau saya, enggak ada itu (dodol) berasa ada ganjelan. Kalau Betawi bilang, itu kue tua,” tutur pelawak berusia 55 tahun tersebut.

Terlepas dari menu andalan saat lebaran, bagi-bagi uang juga menjadi tradisi yang melekat pada keluarga Mandra. Ia telah mempersiapkan Tunjangan Hari Raya (THR), untuk cucu dan keluarganya. Namun, bintang film Si Doel The Movie itu tidak mematok jumlah yang berlebihan.

“Kalau yang tua silaturahmi, kalau anak-anak ngarepin amplopnya. Kalau itu kan relatif, semampunya kita. Kalau memang ada, kenapa enggak,” ungkapnya.