Dino Patti Djalal: Rich Brian Bukan Panutan Bagi Pemuda Indonesia

Rich Brian dan Jokowi
Sumber :
  • Instagram/jokowi

VIVA – Rich Brian dan Dino jadi beberapa kata kunci yang trending di Twitter Indonesia, Rabu pagi, 17 Juli 2019. Rupanya keramaian di jagat Twitter itu disebabkan oleh cuitan Dino Patti Djalal pada Selasa malam, 16 Juli 2019.

Dalam cuitannya itu, Dino mengomentari sosok Rich Brian, rapper Indonesia yang terbilang sukses di kancah internasional. Dino mengatakan, Rich Brian bukan sosok panutan bagi pemuda Indonesia.

"Maaf, walaupun ia mungkin berprestasi, saya sbg seorang ayah memandang rapper diaspora Rich Bryan BUKAN panutan / tauladan bagi pemuda Indonesia," tulis mantan Wakil Menteri Luar Negeri ini di akun pribadinya. 

Menurut Dino, rapper yang masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30: 2018 itu tidak memberi contoh yang baik dalam cuitannya di Twitter. "Mengingat tweetnya yg sering bernada jorok, porno, kasar dan kadang merendahkan wanita," dia menambahkan.

Cuitan Dino Patti Djalal ini mengundang lebih dari tujuh ratus komentar dari warganet. Ada yang setuju dengan pendapatnya, ada juga yang balik mengkritik, dan ada pula yang malah menjadikan cuitan ini sebagai candaan. 

Kepala Bekraf, Triawan Munaf ikut mengomentari salah satu komentar netizen yang memuat tangkapan layar cuitan lama Dino di tahun 2018. Dalam cuitan itu, Dino meminta para followers-nya untuk membantu mencari Rich Brian yang ingin diundangnya berbicara di Supermentor Los Angeles bersamanya dan Ridwan Kamil.

"Uhuk!" hanya itu komentar Triawan menanggapi cuitan lamanya yang kembali mencuat.

Sebelumnya, Rich Brian diundang Presiden Joko Widodo ke Istana Bogor pada 7 Juli 2019. Dalam pertemuan itu, Jokowi menyebut bahwa pemilik nama asli Brian Imanuel Soewarno itu adalah anak muda Indonesia yang membanggakan.

"Kenal Rich Brian — rapper yang jadi artis Asia pertama yang mampu memuncaki tangga album iTunes untuk musik hip hop? Nama sebenarnya Brian Imanuel Soewarno. Ia memang anak muda asal Indonesia yang membanggakan kita," tulis Jokowi dalam unggahannya.