Demi Tedak Siten Cucu, Ibunda Ardina Rasti Rela Hanya Tidur Sejam

Ardina Rasti dan Arie Dwi Andhika gelar acara Tedak Siten anak pertama mereka.
Sumber :
  • VIVA/Wahyu Firmansyah

VIVA – Ardina Rasti dan suami Arie Dwi Andhika menggelar prosesi adat Tedak Siten untuk anak pertama mereka, Antara Langit Adria Respati yang menginjak usia 7 bulan dan sedang belajar berjalan.

Prosesi dimulai dengan membaca Ayat suci Al Quran dan ditutup dengan menyebarkan hasil bumi yang telah disusun rapi dalam nampan. Selain Tedak Siten, mereka juga melangsungkan aqiqah untuk Langit.

Ardina Rasti yang ditemui usai acara bersyukur sebab bisa melangsungkan dua adat sekaligus dengan bimbingan dari sang ibu, Erna Santoso. Ibunya lah yang selalu mengingatkan untuk melakukan prosesi adat.

"Iya Alhamdulillah bisa melangsungkan acara ini. Apalagi memang ada Tedak Siten juga sekaligus Aqiqah, kita sekaligusin senengnya. Semua acara ini dibimbing sama mama. Mama kan yang paling ngerti tradisi Jawa yang paling tepat," ujar Ardina di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Senin, 22 Juli 2019.

"Detail mama selalu kasih tahu ke kita. Tradisi Jawa, tuh harus dipegang penuh karena maknanya indah. Tiap langkahnya, sampai masuk kurung ayam, naik tangga dimandiin tujuh mata air semua itu ada maknanya. Semua isinya doa, itu kenapa acara ini semuanya mama mikirin banget detailnya satu persatu," lanjutnya.

Dekorasi serta busana dalam acara tersebut lebih didominasi dengan warna biru. Hal itu melambangkan nama sang anak yang terdapat kata Langit di dalamnya. "Kalau warna biru itu karena anak kita laki-laki dan ada langitnya, langit kan biru," kata Arie.

Acara yang berjalan dengan hikmat tidak lepas dari peran Erna. Diakui Rasti sang ibu baru tidur selama satu jam sebab harus memperhatikan dekorasi yang dibuat untuk acara yang sakral ini.

"Mama nih baru tidur sejam ya. Sampai tadi subuh mama masih ngedekorin juga bantuin. Kebetulan dekorasi semua kita udah percaya waktu tujuh bulanan dulu. Sekarang lagi dari tim mama juga. Senengnya mama tetep mau turun tangan jadi kita di rumah mama sambil ngirim wa 'ini udah jadi'," kata Rasti.