Pencipta Komik Panji Koming Meninggal Dunia

Dwi Koen Komikus Panji Koming
Sumber :
  • AnimaImagine

VIVA –  Penulis kartun Panji Koming, Dwi Koendoro meninggal dunia. Almarhum menghembuskan napas terakhir sekitar pukul 03.14, Kamis, 22 Agustus 2019 di Rumah Sakit Premier Bintaro.

"Jenazah akan disemayamkan di rumah duka," tulis akun Twitter Harian Kompas.

Almarhum mengawali jejak kariernya di Kompas Gramedia sejak 1976 sebagai seorang ilustrator. Tiga tahun setelah itu lahir karakter Panji Koming. 

Panji Koming merupakan komik strip buatan Dwi Koendoro yang hadir secara berkala di surat kabar Kompas edisi Minggu sejak 14 Oktober 1979. Nama komik strip itu diambil dari tokoh utamanya.

Selain itu Koming juga berarti bingung atau gila. Latar waktu Panji Koming digambarkan hidup pada masa Kerajaan Majapahit.

Panji Koming biasanya mengangkat isu mengenai hal-hal yang terjadi di Indonesia. Ada beberapa karakter yang terdapat dalam komik tersebut.

Sang karakter utama yang diceritakan pemuda kelas menengah ke bawah dengan karakter lugu dan kadang ragu. Ni Woro Ciblin, pacar Panji Koming yang cantik dan sabar.

Pailul, kawan setia Panji Koming yang setia dan konyol. Ni Dyah Gembili, kekasih Pailul dan tokoh Protagonis, Mbah yang diceritakan sebagai ahli nujum. 

Ada juga anjing buduk Kirik dan tokoh antagonis, Denmas Arya Kendor, birokrat gila jabatan yang kerap jadi lelucon.