ANTV Berbagi, Bareng Artis India Kunjungi Panti Sosial

ANTV peduli
Sumber :
  • VIVA/ Isra Berlian

VIVA – Stasiun televisi ANTV bersama dengan bintang serial India Ishq Mein Marjawan, Vineet Raina mengunjungi 29 anak berkebutuhan khusus di Wisma Tuna Ganda, Jakarta Timur, Sabtu, 24 Agustus 2019. Dalam kegiatan tersebut karyawan ANTV dan Vineet Raina terlibat langsung dalam program Corporate Social Responsibility (CSR).

GM Marcom ANTV, Monica Desideria menyebut kegiatan ini merupakan bagian dari inisiatif CSR ANTV di bidang pendidikan dan sosial kemasyarakatan sekaligus membantu memenuhi kehidupan yang layak bagi anak berkebutuhan khusus. Mengingat kata dia, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2017 jumlah anak berkebutuhan khusus (ABK) di Indonesia sebanyak 1.6 juta orang.

Hal ini berarti sebanyak satu juta lebih ABK belum memperoleh pendidikan yang layak bagi kehidupannya. Dan dari 30 persen ABK yang sudah memperoleh pendidikan dan hanya 18 persen di antaranya yang menerima pendidikan inklusi, baik sekolah luar biasa (SLB), maupun sekolah biasa pelaksana pendidikan inklusi.

Selain itu menurut Dinas Pendidikan DKI Jakarta, saat ini hanya ada delapan SLB Negeri di wilayah DKI Jakarta dan jumlah ini pun masih belum ideal.

Lebih lanjut Monica Desideria, menjelaskan biaya dan minimnya fasilitas bagi ABK menjadi salah satu faktor banyak anak yang tidak dapat memperoleh pendidikan dan kebutuhan yang layak.

“Pendidikan bagi ABK masih menjadi barang mahal bagi sejumlah masyarakat di daerah perkampungan, perkotaan pada pinggiran kota Jakarta atau luar kota Jakarta. Kami berharap inisiatif CSR ANTV ini dapat terus berlanjut dan dapat memberikan inspirasi bagi pengembangan pendidikan ABK tidak hanya di wilayah Jabodetabek tetapi juga di seluruh Indonesia,” kata dia di lokasi, Sabtu 24 Agustus 2019.

Dalam kesempatan ini Vineet Raina pemeran Inspektur Lakshya di serial Ishq Mein Marjawan juga turut serta berbagi kebahagiaan dengan membawakan cake untuk ABK dan terlibat dalam games bersama anak-anak. Menurutnya  ini menjadi hari yang spesial karena dirinya bisa ikut terlibat dan berinteraksi langsung dengan mereka. Ia berharap kehadiranya dapat memberikan kebahagiaan buat anak-anak di wisma.

“Saya sangat senang, kesan pertama ketika hadir di sini tempat ini begitu penuh dengan energi positif. Di sini begitu ceria, mereka penuh dengan senyuman, saya harap semoga mereka diberkati Tuhan,” kata dia.

Sebelum kegiatan dilakukan tim CSR ANTV telah melakukan survey terlebih dahulu ke beberapa wilayah di Jabodetabek dan melihat sejauh mana bantuan yang dibutuhkan. Selain pemberian bantuan untuk anak berkebutuhan khusus, ANTV sebelumnya juga memberikan santunan bagi anak yatim piatu dan orang jompo di wilayah Jabodetabek pada awal Juli dan awal Agustus lalu.