Ternyata Haedar Anak Elvy Sukaesih Idap Skizofrenia

Keluarga Elvy Sukaesih dalam konferensi pers
Sumber :
  • VIVA.co.id/Isra Berlian

VIVA – Anak pertama pedangdut Elvy Sukaesih, Haedar tengah menjadi sorotan pemberitaan. Hal ini karena membuat onar di sekitar kediamannya di kawasan Cawang, Jakarta Timur, Kamis malam 12 September 2019.

Haedar ribut karena tak diperbolehkan ngutang rokok di sebuah warung depan rumahnya. Tak terima keinginannya ditolak, Haedar mengamuk dan menodongkan golok ke arah pemilik warung tersebut.

Tidak sedikit yang menyebutkan Haedar mengalami gangguan mental. Namun, adik Haedar, Fitria mengungkapkan sang kakak tidak mengalami hal tersebut.

“Apasih sebenarnya yang diidap sama diadia? Karena kalau mau dibilang (maaf) orang yang hilang ingatan atau sakit jiwa, Haedar tidak seperti itu, karena dia masih ingat semua masih bisa bicara, masih salat, masih ngaji, masih segala macem,” kata Fitria saat konferensi pers di kediaman Elvi di Pejaten Jakarta Selatan, Sabtu 14 September 2019. 

Dia melanjutkan, Haedar mengaku tidak terima jika dibilang orang yang mengalami gangguan jiwa. Dia bahkan sempat tidak terima saat dibawa ke rumah sakit beberapa waktu lalu. 

Ane dicampur-dicampur sama orang gila. Ane gak gila masih bisa salat masih bisa begini-begini,” kata dia menirukan. 

Fitria pun menjelaskan penyakit yang diderita oleh Heidar adalah Skizofrenia. Dia pun menyebutkan gejala skizofrenia antara lain sulit membedakan antara kenyataan dan bukan. 

“Dia seperti kenyataan padahal itu omongan yang dalam khayalan dan mungkin ada paranoidnya, ada ketersinggungannya, ya jadi seperti itu,” kata dia. 

Dia melanjutkan, dalam kesehariannya, Haedar merupakan anak umi yang baik, penuh kasih sayang. Dia bahkan kadang-kadang datang minta buah atau minta apa dari keluarga namun apa yang dia minta sering dia bagikan lagi ke orang-orang sekitarnya. Dia bahkan pernah memberi asisten rumah tangganya uang sebesar Rp50 ribu beberapa waktu lalu. 

“Dikasih duit 50 ribu saya tolak, enggak itu rezeki kam, rezeki dari Allah enggak boleh ditolak. Kalau dari omongan ini kan memang bukan seperti orang yang bilang hilang ingatan. Skizofrenia bukan gila atau normal,” kata dia.

Dia menuturkan, Haedar minum obat secara teratur dan ditangani dengan baik, dia bisa berkehidupan wajar seperti masyarakat lainnya.