Aktris Jane Fonda Ditangkap Polisi Saat Unjuk Rasa Perubahan Iklim

Jane Fonda
Sumber :
  • Instagram Jane Fonda

VIVA – Aktris senior Jane Fonda ditangkap polisi saat sedang melakukan unjuk rasa perubahan iklim di Gedung Perwakilan Rakyat Amerika Serikat. Ia diamankan meski melakukan unjuk rasa secara damai.

Fonda terlihat diborgol dan digiring polisi dari tangga bagian timur ke dalam mobil polisi. Video penangkapan aktivis dan mantan model itu pun ramai beredar di internet.

Dilansir dari laman VOA News, Fonda ditangkap bersama 16 orang lainnya karena melakukan unjuk rasa tanpa izin dan didakwa dengan tuduhan 'berkerumun, menghalangi, atau mengganggu. Tapi, ia kemudian dibebaskan beberapa jam kemudian.

Pada Kamis pekan lalu, aktris itu berjanji akan bergabung dalam unjuk rasa hari Jumat di Gedung DPR yang terinspirasi dan disemangati oleh gerakan luar biasa dari anak-anak muda.

Perwakilan dari kelompok Fire Drill Fridays, Ira Arlook, memastikan bahwa Fonda ditangkap pada demonstrasi pada hari Jumat. Sebelum ditangkap, Fonda sempat menyebut dalam pidatonya bahwa perubahan cuaca adalah krisis kolektif yang membutuhkan tindakan kolektif sekarang.

Jane Fonda bukan baru mengenal dunia aktivis, ia juga pernah memuji anak-anak yang memimpin perjuangan melawan perubahan iklim, meskipun bukan mereka yang bertanggung jawab atas hal itu.

"(Mereka) sudah benar-benar banyak berkorban dan mengalah atas banyak hal agar bisa berkata; 'Bangun para orang tua. Bagaimana bisa kalian tidak berdiri bersama kami? Kalian sudah mengambil masa depan kami. Jadi, kamu tahu, nenek bergabung," ujar Fonda kepada ABC.

Jane Fonda juga memuji aktivis perubahan iklim muda Greta Thunberg. Ia kemudian meminta Amerika Serikat memimpin jalannya dan bertindak sebagai teladan bagi negara-negara lain  seperti China dan India.