Selain Sulli, Ini 4 Kasus Bunuh Diri Tragis di Industri Hiburan K-pop

Aktris Korea Sulli
Sumber :
  • instagram @jelly_jilli

VIVA – Kabar meninggalnya mantan personal girlband f(x) Sulli sontak mengejutkan. Sang manajer mengatakan menemukan Sulli di rumahnya di Sujeong-gu, Seongnam, Gyeonggi, Korea Selatan.

Tak hanya Sulli, deretan selebriti Korea juga dikenal kerap melakukan percobaan bunuh diri. Misalnya kasus percobaan bunuh diri yang dilakukan oleh artis cantik Goo Hara beberapa waktu lalu ikut  mencoreng nama baik industri hiburan Negeri Ginseng tersebut. 

Untungnya nyawa Goo Hara masih masih bisa diselamatkan oleh polisi dan juga sang manajer yang sadar akan gerak-gerik aneh darinya. 

Selain percobaan bunuh diri Goo Hara, ada pula sederet nama selebritas Korea Selatan yang melakukan aksi percobaan bunuh diri dan sayangnya hal tersebut tidak bisa dicegah, hingga berujung kematian yang tragis. Berikut empat kasus bunuh diri terbesar yang dilakukan oleh selebritas K-Pop.

Jonghyun SHINee

Pada Desember 2017 industri hiburan Korea Selatan harus rela kehilangan musisi terbaiknya. Ia adalah salah satu personel boyband populer SHINee, Jonghyun. Jonghyun meninggal karena bunuh diri dengan cara menghirup asap lewat briket batu bara yang ia bakar dalam penggorengan. Kejadian tragis tersebut terjadi di apartemen miliknya pada malam hari, 18 Desember 2017. 

Kematian Jonghyun yang secara mendadak tentu membuat gempar  dunia saat itu. Bahkan berita kematian Jonghyun menjadi topik utama di tayangan berita di banyak negara di seluruh dunia.

Jang Ja Yeon

Masih ingat dengan sosok tiga perempuan centil dan jahil di drama populer Boys Before Flower? Salah satu dari mereka, yaitu Jang Ja Yeon ditemukan tewas bunuh diri di dalam apartemennya pada 2009.

Kematian Jang Ja Yeon saat itu sukses membuat gempar industri hiburan Korea Selatan. Pasalnya, ia bunuh diri saat drama Boys Before Flower masih tayang sekaligus masih melakukan kegiatan syuting. 

Sebelum memutuskan untuk bunuh diri, Jang Ja Yeon dikabarkan mengalami depresi berat karena dipaksa menjadi budak seks bos-bos industri hiburan Korea Selatan. Kini kasus kematiannya masih terus diselidiki oleh pihak pengadilan Korea Selatan.

Aktor tampan membintangi drama Winter Sonata, yaitu Park Yong Ha memilih untuk mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri. Yong Ha ditemukan tewas gantung diri menggunakan kabel di kamarnya pada 30 Juni 2010. 

Sebelum memutuskan untuk bunuh diri, Park Yong Ha dikabarkan sempat mengalami depresi karena berbagai hal yang terjadi di kehidupannya.

Jo Min Ki

Aktor senior yang pernah membintangi serial East of Eden, yaitu Jo Min Ki ditemukan tewas gantung diri di ruang bawah tanah rumahnya pada 9 Meret 2018. Jasadnya ditemukan pertama kali oleh sang istri. 

Kematian Jo Min Ki sempat membuat gempar industri hiburan Korea Selatan. Pasalnya sebelum memutuskan untuk bunuh diri, Jo Min Ki terlibat dalam kasus pelecehan seksual remaja perempuan.

Jo Min Ki terbukti bersalah melakukan tindakan pelecehan seksual kepada mahasiswanya, saat ia menjadi dosen di Universitas Cheongju. Jo Min Ki juga sempat menuliskan pengakuan sekaligus permintaan maaf lewat surat yang ia tulis sebelum bunuh diri. 

Park Yong Ha 

Jika kamu penggemar drama Korea, kamu pasti tak asing dengan sosok Park Yong Ha. Ia memulai debutnya pada tahun 1994 dan menjadi terkenal di awal tahun 2000an dengan drama Winter Sonata.

Setelah dramanya A Man's Story dan filmnya The Scam pada tahun 2009 sukses, aktor ini dijadwalkan untuk membintangi Kamerad pada bulan Juli 2010.

Sayangnya, dia justru melakukan bunuh diri pada 2010. Belum bisa dipastikan alasannya bunuh diri, namun beberapa spekulasi bermunculan.

Beberapa orang mengatakan dia mengalami terlalu banyak tekanan setelah dia mulai mengelola perusahaannya sendiri. Yang lain berpendapat isu tentang kanker ganas ayahnya adalah alasannya, dan beberapa orang mengira ia hanya depresi.

Jika Anda butuh bantuan konsultasi untuk mengatasi masalah depresi atau Anda melihat orang yang ingin melakukan aksi bunuh diri, bisa menghubungi nomor darurat Kementerian Kesehatan di 119.