Perjuangan Zaskia Adya Mecca Urus Suami dan Tiga Anak yang Idap Asma

Zaskia Adya Mecca
Sumber :
  • Instagram.com/zaskiadyamecca

VIVA – Memiliki banyak anak yang masih kecil-kecil tentu menjadi tantangan. Apalagi jika anak sakit bersamaan, tidak dapat dibayangkan lagi bagaimana repotnya orangtua menghadapi hal ini. 

Zaskia Adya Mecca mengalami hal yang sama. Memiliki empat orang anak yang masih kecil-kecil, tiga dari empat anaknya mengidap penyakit asma. Bahkan sang suami, Hanung Bramantyo pun memiliki penyakit yang sama.

"Tiga dari empat anak saya terkena asma. Suami saya asma, adik saya yang laki-laki juga asma," ujar Zaskia kepada VIVA.co.id di Hotel Mandarin Oriental Jakarta, Senin 14 Oktober 2019. 

Zaskia menceritakan, kalau anaknya sudah batuk atau pilek, jam 2 pagi dia sudah di UGD dan biasanya baru pulang jam 5 pagi. Jadi, kalau anak sudah batuk dan pilek, Zaskia dan Hanung sudah siaga satu. 

"Pasti kita gantian tidurnya. Karena, efeknya anak akan sesek tengah malem dan kita harus bawa ke rumah sakit," kata Zaskia. 

Bintang Para Pencari Tuhan ini awalnya tidak mengetahui kalau anak pertamanya, Sybil, mengidap penyakit asma. Hingga usia satu tahun, Sybil sering batuk pilek berulang dan kalau sudah batuk-pilek bisa berlangsung lama. Selain itu, tubuhnya juga sangat lemas, sampai tidak bisa bangun, panas tinggi, dan lain-lain. 

Baca juga yuk: Zaskia Gotik dan Vicky Prasetyo Kembali Bersama

Kemudian, sang suami, Hanung Bramantyo yang juga memiliki penyakit yang sama, curiga dengan batuk pilek yang dialami anaknya, bukanlah batuk pilek biasa. 

"Mas Hanung curiga anak pertama saya ini bukan cuma sekadar batuk dan pilek, karena napasnya dia itu dalem banget. Jadi, ada bentuk tarikan di rongga dada yang bisa terlihat dengan jelas bahwa kalau sesak itu tarikannya masuknya ke dalem banget. Terus napasnya ada bunyi ngik," ungkap Zaskia lebih detail. 

Namun, Kia, panggilan akrab Zaskia Adya Mecca, kini bersyukur karena pengalaman anak pertamanya yang terkena asma, dia sudah paham cara menanganinya dari umur satu tahun. Jadi, ketika adik-adiknya kena asma juga, Kia pun sudah paham betul bagaimana menanganinya.