Sebut Suplemen Bisa Atasi Mata Minus, Ria Ricis Diomelin Dokter Mata

Ria Ricis.
Sumber :
  • Instagram @riaricis1795

VIVA – Belakangan kalangan artis marak melakukan endorse berbagaimacam produk mulai dari produk kecantikan, makanan, hingga produk kesehatan. Tak terkecuali Ria Ricis.

Youtuber berhijab ini beberapa waktu lalu memposting produk suplemen mata yang ia endorse di akun instagramnya. Dalam postingan itu Ricis menyebut bahwa produknya bisa mengurangi mata minus dalam hitungan minggu.

Mendapati postingan Ricis, Dokter Spesialis Mata dr. Ferdiga Hamzah,Sp. M, dari JEC Eye Hospitals menyampaikan keberatannya akan iklan itu. Menurutnya apa yang diucapkan Ricis salah kaprah dan tidak bisa dibuktikan secara ilmiah.

Melalui akun twitter @ferdiriva, sang dokter menyebut bahwa belum ada  jurnal kesehatan yang membuktikan minum suplemen bisa mengurangi minus.

"Ria Ricis ini tetap ta promosiin nutrisi untuk mengurangi minus mata, padahal sudah jelas belum ada jurbal yang membuktikan minum vitamin dapat mengurangi minus/silinder/plus. Tak laporin PERDAMI aja apa ya," tulis sang dokter.

Saat dikonfirmasi hal ini, Ricis mengaku tidak tahu soal protes tersebut. Ia beralasan, apa yang diungggah merupakan postingan berbayar atau endorse. 

"Itu online shop yang endorse kita. Karena kita cuman tanda tangan MOU, nah barangnya ada BPOM apa enggak. Ternyata barang-barangnya sudah BPOM berani untuk promoin," ujar Ricis saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Kamis, 17 Oktober 2019.

Selain itu Ricis juga berujar semua barang yang dipromosikan olehnya telah melalui filter dari manajemen. Mereka coba melihat apakah produk itu legal dan memiliki ijin dari instansi terkait. Setelah kejadian itu Ricis segera menghapus postingannya.

"Aku selalu hati-hati menerima barang yang akan kami promosiin. Manajemen melihat dari BPOM-nya," ujar Ria Ricis.